Righ Header

Mengenal Karya Terpopuler Jean Piaget


Colegio Jean Piaget on Twitter: "#felizdiadelni├▒o #soypiaget ... 



Tokoh inspirasi dari masa ke masa sangat banyak terutama di bidang pendidikan. Salah satu tokoh inspirasi tersebut yaitu Jean Piaget. Namanya sudah tidak asing lagi terutama di kalangan kaum pendidik. 

Biografi 

Jean Piaget  merupakan seorang epistemology dan psikolog berkebangsaan Swiss yang tertarik kepada dunia pendidikan. Jean Piaget mempelajari pola berpikir anak untuk mengetahui bagaimana pengetahuan bisa diperoleh. Piaget lahir pada tahun 1896 dan meninggal tahun 1980 (Munari, 1994). Di usia 15 tahun, piaget mulai mempublikasikan penelitian ilmiah di jurnal internasional. Piaget berpendapat bahwa proses memperoleh pengetahuan meupakan proses adaptasi intelektual terhadap pengalaman-pengalaman yang diperoleh seseorang (Suparno, 1997). Jean Piaget pada tahun 1929, menduduki jabatan sebagai Direktur Internasional Bureau of Education (IBE). Sejak tahun 1929 sampai 1967, Jean Piaget rajin menulis untuk Dewan IBE dan Konferensi Internasional tentang Pendidikan Umum.

Teori Konstruktivisme 

Hasil karya Jean Piaget dalam pendidikan salah satu nya teori konstruktivisme. Jean Piaget adalah psikolog pertama yang menggunakan filsafat konstruktivisme dalam dunia Pendidikan (Suparno, 1997). Konstruktivisme dalam dunia Pendidikan yaitu pengetahuan yang diperoleh seorang anak meupakan hasil dari konstruksi pengetahuan awal yang telah dimiliki dengan pengetahuan yang baru diperolehnya. Dalam teori konstruktivisme oleh Piaget, pengetahuan yang dimiliki anak bisa diperoleh dengan dua cara: 
      1. Asimilasi
Asimilasi adalah integrasi konsep atau penyempurnaan konsep baru yang dimiliki.
      2. Akomodasi
Akomodasi adalah terbentuknya konsep baru pada anak karena konsep awal tidak sesuai                      dengan pengalaman yang baru diperoleh. 

Piaget juga mengemukaakan istilah equilibrium yaitu keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi.

Pengetahuan menurut Jean Piaget

Ada tiga macam pengetahuan menurut Jean Piaget  dan setiap pengetahuan memerlukan kegiatan atau tindakan (Suparno, 1997). Ketiga bentuk pengetahuan akan diperoleh melalui proses asimilasi dan akomodasi. Pengetahuan tersebut antara lain: 
    1. Pengetahuan Fisis
Kegiatan yang harus dilakukan untuk memperoleh pengetahuan fisis yaitu melalui tindakan                dengan alat indera. Contoh pengetahuan fisis yaitu bentuk, ukuran dan berat. 
    2. Pengetahuan Matematis-Logis
Pengetahuan matematis-logis harus dikonstruksi sendiri oleh anak. Hal ini  karena pengetahuan          tersebut tidak ada bentuk fisisnya. Contoh pengetahuan matematis-logis yaitu bilangan. 
    3. Pengetahuan Sosial
Pengetahuan sosial adalah pengetahuan yang diperoleh dari interaksi dengan orang lain. 

Teori Perkembangan Kognitif Anak

Karya Jean Piaget yang terpopuler lainnya adalah teori perkembangan kognitif untuk anak. Dalam teorinya , Jean Piaget berpendapat bahwa anak-anak memiliki perbedaan tingkat pemahaman untuk tingkat usia yang berbeda. Jean Piaget membedakan tingkat kognitif anak menjadi tiga bagian yaitu: (Wortham, 2006)
    1. Tingkat Sensorimotor
Tingkat sensorimotor untuk anak baru lahir sampai 18 bulan. Pada tahap ini bayi memperoleh             pengetahuan melalui aktifitas fisik.
    2. Tingkat Preoperasional
Tingkat preoperasional untuk anak usia 2 sampai 7 tahun. Pada tahap ini anak mendapatkan                 pengetahuan melalui tindakan simbolik seperti kata-kata.
    3. Tingkat Operasional Konkret
Tingkat operasional konkret untuk anak usia 7-11 tahun. Pada tahap ini anak memperoleh                   pengetahuan simbolik dan logis. Hal logis diperoleh melalui hal konkret.

Tanggapan Penulis

Penulis setuju dengan teori kontruktivisme karena mengutamakan pendekatan secara "student center" dan menuntut guru agar lebih professional dalam bidangnya. Penulis juga setuju dengan teori perkembangan kognitif Piaget karena dengan mengetahui teori tersebut, guru mampu memaksimalkan proses pembelajaran yang cocok bagi siswa. Terutama calon guru SD agar dapat melaksanakan pembelajaran secara konkret sehingga mudah dipahami oleh siswa. 

Baca juga: 

Belajar Menjadi Orang Sukses dari Tokoh-tokoh Inspiratif Dunia

Inilah 10 Sosok Wanita Inspiratif bagi Wajah Pendidikan Indonesia



Sumber:

  • Munari, A. (1994). "Jean Piaget". Prospect: the quarterly review of comparative education.311-327.
  • Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
  • Wortham, Sue C. (2006). Early Childhood Curriculum. New Jersey: Pearson Merrill Prentice.
  • Suyitno, Y. (2009). Tokoh-Tokoh Pendidikan Dunia: Dari Dunia Timur, Timur tengah dan Barat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Post a comment

0 Comments