Righ Header

Memperkenalkan Dunia Teknologi Informasi dan Komunkasi Kepada Anak



            Di zaman modern ini, kemajuan pada bidang teknologi sudah sangat pesat bahkan semakin. Kemajuan ini ditunjukkan melalui berbagai macam media informasi yang serba digital. Pengertian teknologi informasi menurut Martin ialah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi. Teknologi informasi dan komunikasi ini tidak hanya perlu dipelajari oleh orang dewasa saja, namun anak-anak juga perlu diperkenalkan dengan dunia teknologi dan informasi.

            Mengapa demikian? Karena teknologi infomasi dan komunikasi perlu perkenalkan kepada anak sebagai bekal untuk mengarungi samudera kehidupan modern. dalam mengenalkan dunia teknologi ini kepada anak, orang tua perlu memiliki pengetahuan yang lebih dalam terkait dengan informasi dan komunikasi.

            Sebagai jembatan penghubung utama untuk seorang anak mendapatkan pengetahuan baru, orang tua tidak bisa memperkenalkan duni teknologi informasi dan komunikasi kepeda anak ini dengan cuma-cuma, melainkan juga perlu memperhatikn kondisi anak. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan orang tua dalam memperkenalkan dunia teknologi informasi dan komunikasi.

1. Mengenali Masa Pertumbuhan anak

      Sebelum mengenalkan teknologi kepada anak tercinta, kita perlu mengetahui dulu apakah masa pertumbuhan anak sudah tepat untuk mulai diperkenalkan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Orang tua juga perlu mengetahui tahapan perkembangan anak. Tahapan-tahapan tersebut antara lain tahapan perkembangan fisik, perkembangan kognitif, serta perkembangan psikososial anak. Namun tidak melupakan bahwa perkembangan otak juga terjadi pada masa pertumbuhan anak. tentu saja, perkembangan otak ini tidak sepesat perkembangan fisik lain. Akan tetapi, kemampuan menerima informasi anak akan semakin bagus seiring dengan perkembangan ini. Hal ini menyadarkan kita bahwa semakin anak mulai mengetahui suatu hal yang baru, maka anak itu semakin ingin untuk belajar sesuatu hal yang baru jug, belajar teknologi salah satunya.

2. Mengenali Jenis Teknologi Komunikasi yang Tepat

  Teknologi komunikasi pada saat ini sangatlah beragam dan untuk memperkenalkan anak dengan dunia teknologi, orang tua perlu mengetahui jenis teknologi seperti apa yang akan diperkenalkan untuk anak. hal ini tentu saja berkaitan dengan seperlu apakah teknologi itu untuk diperkenalkan. Ketika anak dirasa sudah saatnya mengenali jenis teknologi tersebut, orang tua diperbolehkan mengenalkan teknologi tersebut. Namun, jika memang jenis teknologi belum saatnya untuk dikenalkan kepada anak, jangan sampai orang tua memaksakannya.

3. Mengenali Dampak Positif dan Negatif Teknologi Komunikasi

    Teknologi informasi dan komunikasi memang memiliki banyak sekali manfaat atau dampak positif untuk kita. Namun, disisi lain, teknologi informasi dan komuniskasi juga tidak meninggalkan dampak negatifnya. Dampak negatif tersebut dapat berasal dari penggunaan yang tidak tepat, baik fungsi maupun lama penggunaan. Jika anak sudah mulai menggandrungi gadget, hal ini perlu diwaspadai oleh orang tua. Mengapa demikian, karena kecanduan gadget untuk anak sendiri memiliki bahaya yang luar biasa. Selain dampak negatif yang diterima oleh indera pengelihatan, anak yang kecanduan terhadap gadget juga memperngaruhi pola berpikir anak. anak semestinya diajarkan untuk mengenal lingkungan sekitar tidak hanya berdiam diri di rumah saja.

Post a Comment

0 Comments