Righ Header

Gadget Untuk Anak

Sumber Gambar: https://metrojambi.com/foto_berita/2018/05/28/5anak.jpg

Di zaman yang sudah berbasis teknologi dan komunikasi, persebaran informasi sangatlah mudah untuk dilakukan. Sudah saatnya semua kalangan beralih ke modern teknologi. Akan tetapi, apakah selama ini penggunaan gadget sudah tepat sasaran? Teknologi sudah dapat diakses oleh semua orang, tidak terlepas juga anak-anak yang belum seharusnya menghabiskan waktu dengan bermain gadget. anak-anak yang masih membutuhkan bimbingan orang tua tentu perlu mendapatkan perhatian lebih dalam penggunaan media teknologi ini. Sayangnya orang tua justru sering kali menjadikan gadget sebagai senjata untuk menenangkan anaknya ketika rewel. Anak-anak langsug diberikan gadget sementara orangtua kerap kali tidak mendampingi mereka ketika anak tengah sibuk dengan gadgetnya. Padahal, dunia maya sangatlah luas dan anak masih perlu bimbingan dan pengarahan.

Teknologi bisa memiliki dampak positif maupun dampak negatif. Ketika teknologi yang harusnya mempermudah kita dalam melakukan aktivitas harus salah tujuan karena kita salah dalam menggunakan dan memanfaatkannya. Ini sangatlah berbahaya. Beberapa dampak positif dari penggunaan teknologi antara lain dapat memudahkan komunikasi, mempercepat perolehan informasi, dan lain sebagainya. Namun, di sisi lain sangatlah berbahaya ketika teknologi itu disewengkan. Bahkan penggunaan teknologi (gadget) sering terus-menerus akan memiliki dampak berbahaya tidak hanya bagi orang tua namun juga anak-anak. Kencanduan merupakan hal yang paling memungkinkan ketika kita orang tua tidak dapat mengkontrol pengguanaan gadget untuk anak.
Orangtua harusnya lebih memperhatikan anaknya ketika orang anaknya sedang bermain dengan gadget. Seorang anak kecil perlu mendapat pengarahan terkait konten yang tercantum dalam gadget anak. Selain itu, orang tua juga perlu menaruh perhatian lebih atau kontrol dalam penggunaan gadget. Mengapa demikian? Karena sejatinya seorang anak lebih membutuhkan perhatian dan kasih sayang secara langsung dari orang tua. Masa-masa anak adalah masa yang tepat dalam membentuk pribadi anak. Di sisi lain, seorang anak yang tidak tergantung dengan gadget tentu akan lebih menjadi seorang yang tidak anti sosial.

Post a Comment

0 Comments