Righ Header

Berita Kegiatan Laboratorium Multimedia Pembelajaran FITK UIN Sunan Kalijaga 2021

 Virtual Training Inovasi E-Learning & Produksi Video Pembelajaran Tahap 2

Laboratorium Multimedia Pembelajaran merupakan organisasi yang berjalan di bawah naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Laboratorium Multimedia Pembelajaran melaksanakan program kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pada tanggal 7 Juni sampai dengan 26 Juni 2021 telah dilaksanakan kegiatan Virtual Training Inovasi E-Learning & Produksi Video Presentasi Pembelajaran. Kegiatan ini berbentuk pelatihan atau training intensif selama 3 minggu dengan materi yang dipelajari yaitu: Google Classroom, Google Drive, Power Point dan Kine Master. Total ada 9 pertemuan. Setiap kelas dibimbing oleh seorang mentor serta didampingi seorang asisten pemateri dari panitia pelaksana.

Tujuan dilaksanakannya training ini yaitu peserta mampu menciptakan karya berupa video presentasi pembelajaran yang edukatif, kreatif, dan inovatif. Selain itu, para peserta juga diberikan keterampilan untuk membangun dan memanajemen sistem pembelajaran online. Dari segi efektivitas, video pembelajaran mempunyai tingkat efektivitas yang lebih tinggi. Karena satu buah produksi media pembelajaran dapat dipakai berulang kali, baik bagi guru maupun siswa. Terlebih sekarang ini juga telah banyak dikembangkan berbagai macam aplikasi sistem manajemen pembelajaran online (e-learning) yang mudah dioperasikan oleh pengguna internet pemula sekalipun. Kombinasi antara konten pembelajaran berupa video dan sistem manajemen pembelajaran online diharapkan dapat menjadi sebuah solusi pendidikan yang menyenangkan dan memudahkan.  

Pada pelaksanaan training tahap ini, dilaksanakan di rumah masing-masing peserta dengan memanfaatkan aplikasi zoom dan google classroom sehingga peserta, asisten pemateri, maupun pemateri tidak mengakses kampus atau Laboratorium Multimedia Pembelajaran Fakultas ILmu Tarbiyah dan Keguruan selama kegiatan berlangsung. Hal ini dikarenakan adanya pandemi covid-19 serta sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan UIN Sunan Kalijaga.

Kegiatan ini dibagi menjadi 10 kelas dengan total peserta seluruhnya yaitu 207 peserta yang terdiri dari mahasiswa PGMI, PIAUD, MPI, PAI, PBA, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia angkatan 2020.

Susunan tim pelaksana antara lain adalah; (1) Lisa Tri Utami - Ketua Umum, (2) Mar’a Aqila Sholiha - Sekretaris, (3) Rida Setia - Bendahara, (4) Sitta Novia Muyasaroh - Co Div. Pendidikan dan Pelatihan, (5) Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh - Div. Pendidikan dan Pelatihan, (6) Reffin Laily Nur Widyani- Div. Pendidikan dan Pelatihan, (7) Dini Aulia Hisabyah-Div. Pendidikan dan Pelatihan, (8) Salman Thoyibbi - Co Div Media dan Informasi, (9) Ihsan Pandu Tauladan - Div Media dan Informasi, (10) Afiq Abdurrahman - Co. Div. Software dan Hardware, (11) Thuba Abida - Co Redaktur, (12) Nila Afnilul Lisa - Redaktur. Selain mengatur jalannya training, tim pelaksana juga berperan sebagai pendamping kelas dimana nantinya tim pelaksana membantu peserta training yang mengalami kendala.

Adapun tim pemateri antara lain adalah; (1) Sholeh, S.Pd.I – Edufast Edutainment Yogyakarta, (2) Erwin Hardiyanto, S.Pd.I. – SMP Remaja Parakan Temanggung, (3) Muhammad Mustofa, M.Pd. - Edufast Edutainment Yogyakarta, (4) Khoiril Mawahib, S.Pd.I.- Lingkar Media Yogyakarta, (5) Fery Ade Saputra, M.Pd.- MA N 1 Prambanan Klaten. Pemateri menyampaikan pembelajaran rutin dengan silabus pembelajaran agar nantinya tujuan dari diadakan training dapat tercapai secara maksimal.

Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan training yang utama adalah kendala koneksi yang tidak stabil dari wilayah peserta, sehingga proses pembelajaran via zoom mengalami sedikit kendala. Namun, proses pembelajaran yang dilakukan secara runtut, sistematis, dan tertata dengan memanfaatkan aplikasi google classroom.

Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini bisa dikatakan tinggi. Hal ini terbukti bahwa selama proses training, 90% mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hasil yang diperoleh peserta setelah mengikuti training virtual video pembelajaran antara lain setiap peserta sudah mampu membuat kelas belajar online sesuai dengan program studi mereka. Keterampilan ini bisa peserta pergunakan ketika mereka sudah purna studi dan mengajar di sekolah ataupun untuk keperluan jangka pendek seperti menyelenggarakan kursus online, melaksanakan praktikum pembelajaran online dan sebagainya.

Setiap peserta sudah mampu memproduksi video presentasi pembelajaran sesuai dengan program studi mereka yang didasarkan pada kurikulum 2013. Hasil karya video presentasi pembelajaran ini akan diposting di channel youtube LaMPeran (https://youtube.com/c/LaMPeran) agar bisa

dipergunakan oleh guru dan siswa seluruh Indonesia untuk mendukung pembelajaran online. Video presentasi pembelajaran yang berhasil diproduksi pada training kali ini yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Akidah Akhlak, Bahasa Arab, Fikih, Quran Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tematik Terpadu, Materi PAUD, Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Keterampilan yang diperoleh peserta selama mengikuti training ini akan sangat bermanfaat bagi masa depan mereka. Sebagai bagian dari sivitas pendidikan, mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dipersiapkan menjadi calon pendidik profesional di masa depan. Oleh karena itu kemampuan mereka dalam bidang teknologi tentu saja akan sangat mendukung profesionalitas mereka.


*Foto dokumentasi saat menggunakan zoom meeting

 

 

Post a Comment

0 Comments