Righ Header

Dampak Pandemi COVID-19: Intip Cara Jitu Belajar di Rumah, "Relax Study"




sumber gambar: https://images.app.goo.gl/NEJKgDKtnE6zzmb29



Dari gambar dan judul di atas telah mewakili apa yang telah menjadi problem masyarakat Indonesia di masa seperti sekarang, terutama bidang pendidikan. Salah  satunya terpengaruh dengan adanya pandemi  Covid-19. Untuk itu, dalam menyikapinya terdapat kebijakan tentang sekolah berbasis online/daring. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya masih belum  efektif sehingga  diperlukan suatu cara atau beberapa hal yang dilakukan agar tujuan dari pebelajaran tersebut  tetap tercapai dengan maksimal.

Usaha untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan kepada masyarakat bahwa seluruh aktivitas luar rumah sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing. Dengan adanya kebijakan tersebut, salah satu dampaknya adalah sekolah-sekolah diliburkan sejak Kamis (16/4/20).

Hal ini membuat para guru dan orangtua ikut berperan dalam mendampingi anak-anak agar kegiatan belajar di rumah dapat efektif dan tidak membosankan.

Nah, di waktu-waktu seperti ini, sekarang profesi guru beralih kepada orangtua. Orangtua dituntut untuk menjadi guru yang akan mengisi kegiatan anak selama di  rumah.  Tetapi tidak mengelak  bahwa  guru  juga  tetap  dituntut  untuk  lebih kreatif dalam memberikan pembelajaran  daring/online  agar anak tetap semangat belajar di rumah. 

Lalu apa saja tips agar kegiatan belajar anak dirumah supaya mengasyikkan? Yukk kita intip cara jitunya.

1. Menghilangkan Kesan Bosan

Banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya rasa bosan dalam belajar di rumah.
"Faktornya, anak terbiasa tidak belajar, tugas kurang menarik, kurang variatif, banyak "Pengganggu" yang menjadikan fokus terbagi-bagi pada hal lain" jelas Bu Laely, guru SD 1 Kalitengah, Klaten, Jumat (24/4/20). 

Selanjutnya, cobalah untuk bekerjasama antar orang tua dengan anak sebagai sebuah kerabat yang akan membantu untuk mendapatkan solusi.
"Mendampingi  anak  belajar  dalam  artian  membantu  belajar  tidak  hanya  memberi perintah mereka untuk belajar, dan mampu untuk memberikan kenyamanan dan hal positif pada anak", jelas Bu Ayu, guru SD negeri 1 Ngandong, Klaten, Jumat (24/4/20).

2. Orang Tua Temani Anak Belajar

Orangtua sebagai gantinya bapak ibu guru di sekolah dan sebagai teman belajar. Selain itu, waktu yang efektif untuk belajar sesuai dengan jam belajar ketika sekolah antara jam 8 sampai jam 10, karena anak sudah terbiasa waktu disekolah sebelum adanya pendemi covid-19. Orangtua dapat membersamai anak sekaligus sebagai teman belajar untuk meminimalisir si anak  mendapatkan kesulitan dan kebingungan jika menemukan konsep baru.

“Ada banyak cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak, saya menggunakan cara belajar sambil bermain, belajar dengan benda benda yang ada disekitar rumah, misal saja ketika anak belajar tentang mengenal bilangan pecahan, saya menggunakan lidi yang dipotong potong. Ini dilakukan agar anak tidak sepaneng  dan  bisa  lebih  paham.” Tutur  Ibu  Isti  Rohaeni, selaku Wali Murid, pada Jum’at (24/04/20).

“Kita belajar sambil bermain, belajar dengan bercerita, dan belajar memanfaatkan teknologi yang ada seperti nonton TV sesuai anjuran mas menteri. Menggunakan hp pun juga bisa. Yang jelas harus dibuat bervariasi agar anak tidak bosan.” Tambah Ibu Isti Rohaeni, selaku Wali Murid, Jum’at (24/04/20).

3. Games

Games juga dapat menempatkan siswa untuk dapat fokus kembali belajar dan menggugah kembali semangat belajar anak. Bermain games di waktu luang juga  dapat membuka kembali gairah belajar pada  anak misalkan  permainan Lego yang merupakan salah satu permainan mendidik untuk anak. Tidak hanya bisa membantunya berkreasi membuat aneka bentuk, Anda bisa meng-upgrade-nya menjadi lego kata, dan lain-lain.

"Membuat karya juga dapat meningkatkan kreativitas agar anak tidak mudah bosan", ujar Laely, Jumat (24/4/20).

Menyiapkan games anak yang non games online merupakan salah satu cara efektif untuk anak tetap aktif dan mudah belajar selama di rumah. (Hadiyatun Nadhiroh dkk.)


Post a comment

43 Comments

  1. Wah hebat setelah saya baca ini saya jadii rajin belajar dirumah.. terimakasih lamperan.net :")

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Semogga lancar dek dan semoga dapet nilai tertinggi amiin

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat sekali, makasih ilmunya😁

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat kak^^

    Mau nanya niih..ehehe
    Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu dampak pandemi terhadap pendidikan adalah menggunakan media daring yang notabennya mau tak mau anak menggunakan gadget dan semisalnya. Gimana yaa kak, caranya agar anak itu bisa menggunakan gadget sesuai kebutuhan aja. Khususnya bagi anak yang sudah kecanduan gadget, karna itu bisa memecah konsentrasi.

    Terimakasih kak^^

    ReplyDelete
  7. Kalau belajar dirumah itu bawaanya cmn pgn rebahan sama bukain sosmed kak. Karna timeline juga rame pada sekolah dirumah.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih, bermanfaat sekali, good job

    ReplyDelete
  9. Semoga ciptain gagasan bagus lainnya... Keren

    ReplyDelete
  10. Mantulll, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Good, bagus, sangat bermanfaat, makasihh,,

    ReplyDelete
  12. Good idea,Tetap semangat berbagi manfaat :)

    ReplyDelete
  13. Wih..relax bner, mantap👍

    ReplyDelete
  14. Bagus dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Sangat sangat menginpsirasi.

    ReplyDelete
  16. Nice, moga makin berkembang 👍🏻👌🏻

    ReplyDelete
  17. Semoga bermanfaat bagi sesama😊🙏

    ReplyDelete
  18. Semoga bermanfaat bagi sesama😊🙏

    ReplyDelete
  19. Mantap, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Semoga bermanfaat mb😊🙏

    ReplyDelete
  21. Manjiwwww .. mantap jiwaaaa

    ReplyDelete
  22. Mantapp sekali sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Mantap! Lanjutkeun..

    ReplyDelete

Kami sangat antusias terhadap ide dan gagasan anda, sila berikan tanggapan!