Righ Header

Backgroud Indoor dan Outdoor-Meningkatkan Kreatifitas dalam Pembuatan Video Presentasi Pembelajaran LaMPeran

Training TAHAP 1 Minggu Ke-2 dan Ke-3 di Laboratorium Multimedia Pembelajaran FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 24 Februari-7 Maret 2020


Apa itu Kreativitas? Pastinya sering bukan mendengar kata itu. Kreativitas dalam KBBI dapat diartikan  dengan "kemampuan untuk mencipta". Kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru atau mengembangkan suatu hal yang ada sebelumnya untuk memecahkan  yang ada.

Umumnya kreativitas didefinisikan sebagai Person, Process, Press, dan Product. 4P ini saling berkaitan satu sama lain, yaitu Pribadi (person) kreatif yang melibatkan diri dalam proses (process) kreatif kemudian dengan adanya dorongan dan dukungan (press) dari lingkungan sehingga menghasilkan produk (product) kreatif.

"Pribadi (person) kreatif yang melibatkan diri dalam proses (process) kreatif kemudian dengan adanya dorongan dan dukungan (press) dari lingkungan sehingga menghasilkan produk (product) kreatif"

Secara umum kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, bisa berupa hal yang imajinatif atau sintesis pemikiran sehingga menghasilkan pembentukan pola baru dan gabungan informasi dari pengalaman sebelumnya.

Nah, dalam pertemuan minggu ke-2 dan minggu ke-3 ini peserta training inovasi pembelajaran dituntut untuk memiliki pola pikir yang kreatif. Seperti tujuan dari dilaksanakan training ini yaitu menciptakan sebuah karya dalam bidang pendidikan tentunya, yaitu video presentasi pembelajaran yang edukatif, kreatif, dan inovatif.



Dalam pembelajaran di minggu ke-2 sebelum peserta praktik pengeditan video, mereka terlebih  dahulu praktik rekaman video mengunakan naskah presentasi yang mereka buat sendiri. Awalnya mereka malu-malu tampil di depan kamera namun lambat laun mereka lebih percaya diri dengan  bakat-bakat kreatif yang muncul secara alami dari diri mereka. Selain itu, peserta juga dikenalkan mengenai dasar-dasar editing video pada aplikasi KineMaster. Mulai dari penambahan video, pemangkasan video, mengilangkan green screen, menambahkan efek animasi juga efek suara, menambahkan background video, meng-eksport video, dan lain-lain.



Untuk kalian yang penasaran dan ingin bergabung bersama LaMPeran, bisa kalian klik link medsos ini agar tidak ketinggalan info pendaftaran training tahap 2

Selanjutnya pada minggu ke-3, membuat background dengan tema indoor dan uotdoor  menggunakan power point. Pembelajaran kali ini diharapkan setiap peserta dapat menghasilakan produk  berupa backgroud menarik yang nantinya akan digunakan dalam video presentasi pembelajaran mereka. Dengan begitu peserta bisa lebih kreatif menentukan background seperti apa yang cocok untuk videonya, bukan  hanya copas karya orang  lain tapi dengan karya mereka sendiri.


Masih di minggu ke-3, beberapa peserta sudah mulai praktikum pengerjaan tugas Post Test. Laboratorium  Multimedia Pembelajaran menyediakan studio mini untuk proses rekaman video. Tripod, clip on, lighting, dan back ground green screen sudah tersedia di Laboratorium Multimedia Pembelajaran, tepatnya di ruang 416 FITK UIN Sunan Kalijaga. Sudut pandang kamera diambil secara horizontal, fokus pada area kepala hingga pinggang. Gaya presenter dalam menyampaikan materi harus memperhatikan aspek penampilan, power/volume, artikulasi, intonasi, ekspresi, dan gestur tubuh.

Baca juga:
5 Masalah Utama dalam Presentasi Pembelajaran dan Solusinya

TAHAP 1: Training Inovasi E-learning Berbasis Smartphone Minggu Pertama

Semangat peserta untuk memproduksi sebuah karya sungguh luar biasa. Menggunakan Draf Video Presentasi Pembelajaran (VPP) yang telah di koreksi mentor salah satu peserta melakukan proses rekaman dengan cukup memuaskan. 

"Kak studionya mantullll. Kedap suara eh bukan kedap suara tapi minim noise, bagus juga hasil rekaman videonya." begitu ucap salah satu peserta training yang sudah menyelesaikan proses rekaman video di minggu ketiga ini. 

"Terima kasih LaMPeran yang sudah memberikan banyak pengalaman baru. Good lah!" 

Okeyy semuanya, Semangat untuk terus berproses menjadi lebih baik. Kami menerima kritik atau saran dari kalian, jadi silakah tulis apapun itu di kolom komentar. Salam Hebat.(adf)



Hasil gambar untuk quote semangat









Post a comment

0 Comments