Righ Header

Eldukit sebagai Media Pembelajaran Programming


Seiring dengan berkembangnya zaman, duniapun mulai berkembang pesat seiring dengan majunya teknologi. Kini, dunia sedang masuk ke revolusi industri 4.0, dimana pengaruh dari teknologi akan terus berkembang. Nah, hal inilah yang memicu munculnya ide Eldukit. Eldukit merupakan suatu produk yang diciptakan oleh lima mahasiswa angkatan 2016 UGM dengan harapan, Eldukit nanti bisa menjadi tombak dalam pergerakan dunia industri 4.0. Lima mahasiswa ini adalah Ali Surojaya, Maulidina Fatimah Azzahra, Marissa Salsabila, Muhammad Fahriza, dan Muhammad Nizar Rahman. Dibawah bimbingan dosen Dr. Eng. Herianto, S. T., M. Eng. Eldukit ini merupakan tim  yang bergerak dalam program kreativitas mahasiswa  dibidang kewirausahaan.

Apa sih Eldukit itu?

Eldukit adalah kependekan dari Electronic Education Kit, yaitu suatu media pembelajaran. arduino yang disajikan dalam bentuk kit. Peluncuran media pembelajaran Eldukit ini berawal dari ketertarikan siswa yang besar terhadap teknologi.  Bahkan berjalannya waktu seluruh elemen masyarakat sudah familiar dan mahir dalam penggunaan teknologi. Misalnya gadget dan laptop, kini anak berusia 4 tahun saja sudah mahir bermain game di gadget milik orang tua. Namun, kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki anak Indonesia ini belum didukung dengan adanya media pembelarajaran yang bisa mengembangkan inovasi  dan mengenalkan proses dalam menciptakan teknologi sendiri. Oleh sebab itu, muncullah ide untuk mengenalkan anak-anak bangsa dengan pemograman dan pembelajaran elektronik dasar. Sehingga, diharapkan Indonesia kedepan dapat berperan dalam kemajuan teknologi.



Nah, apa saja sih komponen dari Eldukit ?

Media pembelajaran Eldukit ini terdiri dari beberapa komponen elektronika yaitu ardiuno sebagai komponen utama, buzzer, ultrasonik sensor, servo motor,serta komponen pendukung lainnya seperti breadboard, resistor, LED, dan juga kabel jumper. Eldukit ini juga di lengkapi dengan buku panduan yang menarik dan mudah untuk dipelajari. Eldukit mulai diperkenalkan kepada anak-anak dengan menggelar workshop di beberapa sekolah Yogyakarta. Salah satunya yaitu di SMA N 7 Yogyakarta. Fajar Rahmadi siswa di SMA N 7 Yogyakarta mengatakan “ Belajar arduino dengan menggunakan eldukit sangat memudahkan, karena tidak perlu membeli  komponen satu persatu, tetapi semua sudah disediakan dalam satu paket, dan dilengkapi dengan buku panduan sehingga mudah untuk dipahami dan dipelajari sendiri. Soal-soal yang berbobot sulitpun bisa membuat kita terlatih dan paham dengan konsep pemrogaman arduinonya, sehingga nantinya akan muncul ide-ide inovasi dengan memakai kecanggihan dari arduino ini.”



Nah, dari artikel di atas dapat di simpulkan bahwa di era revolusi industri 4.0 ini, dunia pendidikan memang identik dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, dimana pendidikan dituntut untuk bisa memakai dan memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh sebab itu, siswa harus dibimbing dan diarahkan untuk mengasah kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi yang sudah ada, agar tercetak generasi muda yang kreatif, inovatif dan kompetitif. Salah satunya yaitu dengan pengenalan Eldukit, karena produk ini tidak hanya mengenalkan arduino saja, tapi juga memacu siswa ataupun anak bangsa untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mereka di bidang teknologi. Sehingga di harapkan kedepan, Indonesia bisa ikut andil dalam mengembangkan teknologi dunia, bukan hanya menjadi konsumen yang memakai produk dari negara lain.


Post a Comment

0 Comments