Righ Header

GADGET, TEKNOLOGI DAN DAMPAKNYA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA


Gadget

Gadget merupakan produk teknologi yang berfungsi sebagai alat akses informasi. Melalui internet kita bisa mengakses berbagai informasi menggunakan perangkat media seperti laptop, tablet, smartphone, komputer, notebook, dan lainnya. Seiring dengan kemajuannya, teknologi juga mempengaruhi peningkatan kualitas produksi gadget. Hingga kini banyak perusahaan-perusahaan yang bersaing menciptakan gadget dengan inovasi-inovasi baru.

Sebelum adanya smartphone, kita menggunakan surat untuk bertukar informasi, kemudian berkembang menjadi telpon umum, telpon rumah berkabel, telpon rumah tanpa kabel, handphone yang bisa telpon dan sms, hingga muncul smartphone sebagai perangkat yang memuat berbagai fitur lengkap seperti camera, browser, calendar, kalkulator, dan lain sebagainya. Hal ini membuat gadget semakin menarik dan menghibur.

Selain itu, gadget mudah diakses dan didapat. Sehingga perkembangan gadget kini sudah merambat pada semua kalangan, tidak hanya kalangan muda dan tua, bahkan juga pada kalangan anak-anak dibawah umur.



Teknologi

Di era yang modern ini, siapa yang tidak mengenal teknologi? Teknologi adalah sesuatu yang canggih hasil dari pengetahuan manusia, itulah yang diketahui oleh masyarakat kita saat ini. Namun pada dasarnya pengertian teknologi tidak sesederhana itu. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Teknologi hadir dengan membawa banyak manfaat bagi kesejahteraan hidup manusia, baik di bidang pendidikan, bisnis, politik, maupun hiburan. Teknologi membuat hidup manusia lebih nyaman dan lebih mudah. Misalnya saja, seorang ibu rumah tangga tidak perlu lagi pergi ke pasar dan mengantri lama-lama di kasir untuk belanja alat dan kebutuhan rumah tangga, cukup dari rumah saja bermodalkan gadget semua bisa teratasi. Disamping itu, teknologi juga bisa menghemat waktu dan energi untuk melakukan kegiatan lain.

Dampak Gadget Bagi Kehidupan Manusia

Di era globalisasi ini, kehidupan manusia tidak bisa lepas dari teknologi. Perkembangan teknologi seolah sudah mendarah daging dalam diri manusia. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran teknologi membawa banyak manfaat bagi manusia. Namun disamping itu, teknologi juga membawa dampak negatif bagi para penggunanya.

Dampak positif maupun negatif  dari gadget ditentukan bagaimana manusia itu menggunakannya. Jika penggunanya bijak, maka gadget bisa menjadi wadah melatih kreativitas dan wadah untuk menambah pengetahuan. Namun, jika berlebihan akan merusak penggunanya. Sebab bermain gadget berlebihan dapat mempengaruhi emosional, kesehatan fisik dan mental, membuat lama diam sehingga mempengaruhi perkembangan, menjadi anti sosial, sering begadang sehingga kurang tidur, penglihatan terganggu, dan lain sebagainya. Jadi, sebagai makhluk yang berpikir kita harus bijak dalam menggunakan gadget.

Post a comment

0 Comments