Righ Header

Kakatu, Aplikasi Parental Control Karya Anak Bangsa


Teknologi tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan anak-anak sudah sangat mahir mengoperasikan gadget. Fenomena ini tentunya membuat orang tua khawatir. Khawatir akan kecanduan gadget serta khawatir munculnya konten buruk berupa pornografi dan kekerasan yang disisipkan ke dalam game, video, sampai sosial media.

Banyak orang tua tidak menyadari adanya bahaya tersebut. Sudah seharusnya orang tua mengawasi anak-anak dalam mengoperasikan gadget. Akan tetapi, sudah ada aplikasi buatan dalam negeri yang membantu fungsi kontrol orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget oleh anak.

Kakatu adalah aplikasi parental control yang membantu megontrol (membatasi) penggunaan gadget oleh anak. Bisa dikatakan, Kakatu ini berfungsi sebagai pengontrol konten gadget anak mulai dari menyeleksi, membatasi, mengawasi, sampai memberikan rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan oleh anak. Saat ini telah lebih 500.000 pengguna yang telah mengunduh applikasi Kakatu di Playstore.

Pada aplikasi Playstore, banyak aplikasi parental control yang serupa Kakatu. Perbedaannya, pada Kakatu ini tidak cuma bisa nge-block tayangan atau website abal-abal, akan tetapi juga bisa memberikan rekomendasi aplikasi yang bagus buat anak, sampai memberikan rekomendasi waktu yang pas untuk anak bermain bersama gadget. Rekomendasi ini dikembangkan bekerjasama dengan psikolog.

Lalu, bagaimana cara kerja aplikasi parental control ini? 
Tidak perlu khawatir, mengaktifkan aplikasi ini sangat mudah sekali dan berbahasa Indonesia pula. 
Silakan disimak:

1. Instal aplikasi Kakatu pada smartphone anak secara gratis di playstore.



2. Setelah terinstal di smartphone atau tablet yang digunakan anak, Kemudian kita dapat melihat banyaknya aplikasi yang terinstal di gadget anak tanpa bisa dibatasi penggunaannya. Langkah berikutnya yaitu mengklik aplikasi yang boleh diakses oleh anak, tentunya setelah registrasi terlebih dahulu, lalu bila sudah selesai memilih klik tombol ‘selesai’.


3. Terakhir, pastikan memilih Kakatu sebagai launcher utama di gadget yang digunakan anak dan klik ‘always’.
 
Baca juga:
Bagaimana cara mendisiplinkan anak?
Tips Menjadikan Anak Gemar Membaca

Setiap aplikasi pasti mempunyai fitur pembeda antara aplikasi satu dengan lainnya, fitur lain pada Kakatu yang bermanfaat dan sangat membantu orang tua antara lain:


1. Timer

Kakatu merekomendasikan durasi yang proporsional bagi anak bersama gadgetnya. Rekomendasi ini bersumber dari The Royal College of Pediatrics and Child Health. Untuk anak usia 3- 5 tahun, durasinya cukup 15-20 menit, usia 6-7 tahun durasi 60 menit, dan di atas usia 7 tahun, durasi sehatnya hanya 2 jam. Jika waktu sudah habis, anak tidak bisa menggunakan gadgetnya.

2. History Aktivitas Anak

Fitur Kakatu lainnya adalah orang tua bisa melihat aplikasi apa saja yang diaksesnya selama bermain gadget.

3. Mode Orang tua dan Mode Anak 

Kakatu menyediakan mode yang fleksibel, jika orang tua ingin menggunakan gadget dengan leluasa, orang tua hanya perlu mengganti mode gadget dari mode anak ke mode orang tua.

Sayangnya, fitur tersebut terbatas hanya 14 hari. Jika anda ingin mendapatkan akses penuh, maka anda harus mengikuti syarat dari Kakatu dengan cara membagikan aplikasi ini pada sosial media anda.

Dengan aplikasi Kakatu ini, orang tua akan sangat terbantu karena bisa lebih leluasa mengontrol (membatasi) anak-anaknya dalam bermain gadget. Dan anak pun tidak bisa mencurangi gadget, karena Kakatu mempunyai PIN yang digunakan sebagai password akses Kakatu ini.

Hadirnya aplikasi Kakatu, orang tua tidak harus menjauhkan gadget dari anak-anak, anak-anak pun juga masih dapat menggunakan gadget sebagai media belajar dan hiburan tanpa harus kecanduan dan teracuni konten-konten negatif.

Masih khawatir dengan penggunaan smartphone anak?? Segera unduh kakatu dari playstore.

Post a Comment

0 Comments