Righ Header

5 Tips Mengurangi Kecanduan Teknologi

Kecanduan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kejangkitan suatu kegemaran (hingga lupa hal-hal yang lain). Kecanduan sering kali identik dengan segala hal yang negatif, dari kecanduan narkoba, kecnduan alkohol dan lain-lain. Termasuk salah satunya adalah kecanduan teknologi. Kecanduan teknologi ini disebabkan pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi yang membuat anak kecil, orang dewasa bahkan hingga orang tua semakin gemar mengakses beragam perangkat berbasis tekonologi.

Teknologi yang seharusnya bisa memudahkan kehidupan manusia justru menjadikan penggunanya menjadi sosok anti-sosial, bukannya mendekatkan yang jauh malah kebalikannya menjadikan menjauhkan yang dekat. Dengan tren yang mendukung (terutama kehidupan di kota) yang menuntut harus mempunyai teknologi terbaru dengan fitur-fitur yang luar biasa canggih agar tidak kalah keren dengan teman sebayanya menyebabkan kecanduan teknologi terjadi.
Kecanduan Teknologi 
Para ahli sudah banyak yang meneliti tentang kecanduan teknologi ini dan banyak mengungkapkan dampak negatif dari kecanduan teknologi. Mulai dari mata lelah, malas melakukan hal-hal lain, tidak bisa lepas dari gadget sampai paparan radiasi. Seperti yang dikutip dari Prevention Internasional, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.

Baca Juga: Cara Menjadi Orang Tua Bijak dalam Menggunakan Teknologi Ketika Berada di Dekat Anak
Selain telepon genggam dan tablet, layar komputer atau laptop juga memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang, terutama mata. Fokus pada layar monitor terlalu lama bisa menyebabkan mata tegang dan lelah. Tampilan layar komputer yang terlalu terang juga bisa mempercepat kelelahan pada mata.

Lalu adakah cara mengurangi dari kecanduan teknologi tersebut? Tentu ada dan sangat mudah bisa dipraktekan di rumah Anda masing-masing.

Berikut 5 tips untuk mengurangi dari kecanduan teknologi

1. Buat Batasan Penggunaan

Mulailah untuk menggunakan teknologi seperlunya saja, tidak 24 jam dalam sehari Anda bersentuhan terus dengan teknologi. Jika Anda tiap hari di depan laptop atau komputer untuk bekerja, maka di hari week end lepaslah kegiatan Anda dari komputer atau laptop. Gadget yang Anda punya mulailah menggunakan seperlunya, misalnya saat makan malam bersama keluarga taruh gadget Anda dengan mode ‘silent’ di tempat yang agak jauh dari jangkauan Anda. Lakukan itu juga ketika berkumpul dengan teman-teman Anda.

2. Buatlah Kesibukan yang Tidak Membutuhkan Koneksi Internet

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan tanpa harus bergantung pada koneksi internet. Anda bisa memulainya dengan menekuni kembali hobi lama yang sempat terabaikan, seperti bermain alat musik, berkebun, shoping atau mencoba membuat menu masakan baru.

3. Go Green

Otak yang secara konstan terganggu oleh dampak negatif dari teknologi dapat mempengaruhi kualitas tidur hingga tingkat produktivitas di kantor. Jauhi otak Anda dari gangguan itu dengan melakukan jalan santai selama 15 menit di taman atau hanya sekedar bersantai-santa di taman melihat pemandangan alam, bisa juga melihat buku yang berisi foto-foto pemandangan.

4. Buatlah Alarm

Gadget Anda memiliki fungsi sebagai stimulus pada otak, yang meningkatkan hormon 'senang' dopamin dengan memeriksanya terus menerus sehingga membuat Anda kecanduan. Maka gunakan gadget Anda untuk mengingatkan penggunaan yang telah dilakukan, misalnya pasang alarm pada jam 13.00 hingga 14.00. alarm tersebut menandakan kalau Anda harus berhenti menggunakan gadget Anda.

5. Piknik

Pergilah piknik dengan sahabat/ teman/ keluarga Anda. Dengan piknik Anda akan lepas dengan perangkat teknologi yang Anda gunakan, tetapi biasanya disaat piknik atau ngetrip Anda sudah pasti ingin sekali yang namanya berfoto-foto ria. Jika Anda ingin sekali berfoto di tempat Anda piknik, bisa gadget Anda diganti dengan kamera digital biasa tidak harus menggunakan gadget. Jika itu tidak bisa, maka tips terakhir adalah ketika Anda piknik gadget Anda gunakan ‘mode pesawat’ sehingga Anda tidak akan terganggu dengangadget Anda karena fungsinya hanya buat berfoto-foto saja.

Post a Comment

0 Comments