Righ Header

5 Teknologi Termutakhir 2016

Tak bisa disangkal teknologi canggih berkembang terus seiring kemajuan zaman. Inovasi dari para ilmuwan menambah daftar panjang teknologi baru tersebut. Sepanjang 2015 saja, ada ratusan teknologi dan perangkat elektronik canggih yang diciptakan. Banyak alasan orang menggnakan teknologi canggih, salah satunya adalah agar lebih efisien dalam pekerjaannya. Tahun 2016 ini banyak teknologi-teknologi canggih yang diciptakan. Inilah teknologi canggih yang diciptakan tahun ini.

5 Teknologi Termutakhir 2016
 
Alat Pengisi Baterai Otomatis


Jika Anda sering mengeluhkan baterai smartphone Anda yang cepat habis, saat ini ada teknologi baru yang bisa mengisi baterai secara otomatis. Alat ini dikenal dengan nama self charging phones, yakni sejenis teknologi pengisi baterai smartphone tanpa menggunakan kabel. Ossia Inc dan Japanese Telecom Company KDDI Group akan menjadi perusahaan yang akan memperkenalkan teknologi self charging phones tersebut. Teknologi ini diberi nama Cota yang mampu secara otomatis menghubungkan smartphone dengan daya listrik.

Cara kerjanya mirip dengan router yang mengoneksikan perangkat dengan internet atau mirip dengan Powerbank. Wireless charging ini menggunakan teknologi dari The Company Qi Wireless. Alat akan dipasang di atas meja, sehingga mudah untuk digunakan. Untuk mengisi daya baterai smartphone cukup meletakkan perangkat di atasnya. Cota ini hampir mirip dengan Powerbank, tetapi lebih canggih tanpa repot-repot menggunakan kabel.

Bio-security

Pada tahun lalu, sistem keamanan dengan menggunakan biometrika sudah mulai diperkenalkan dan kini teknologi tersebut semakin diterapkan di beberapa perusahaan. Salah satunya, Windows Hello yang tak akan bekerja tanpa Intel's Real 3D Camera. Untuk menggunakannya, perangkat komputer akan membaca gerak tubuh pengguna. Selain itu, Microsoft juga menggunakan deteksi wajah untuk meningkatkan sistem keamanannya. Teknologi ini bisa ditemukan di Windows 10 yang sudah memiliki sistem tersebut di dalamnya.
Baca Juga: Teknologi dalam Film yang Menjadi Kenyataan

Smartphone dengan 2 Sistem Berbeda/ Dual Space

Makin bertambah penggunaan smartphone, makin canggih juga smartpone yang diproduksi sekarang. Manusia terkadang kurang puas untuk penggunaan teknologi yang dia gunakan, bahkan satu smartphone yang sudah menggunakan dual SIM atau dua nomor yang berbeda, tetapi masih saja ada yang menggunakan 2 smartphone bahkan lebih. Ada juga sebagian orang membeli 2 smartphone karena satu untuk pribadi dan yang satunya untuk bisnis atau umum.
Dual Space

Tahun ini tidak perlu repot-repot lagi harus membeli 2 smartphone yang berbeda, karena sekarang sudah ada smartphone yang bisa menjad 2 smartphone yang berbeda. Berbeda yang dimaksud adalah berbeda sistem, aplikasi, dan tampilan yang berbeda. Bisa dibuat “mode biasa” dna juga “mode private”. Kedua mode tersebut di dalamnya berbeda aplikasi yang ada dan juga yang disimpannya. Mode tersebut bisa diaktifakan dengan hanya menggunakan jari pengguna smartphone tersebut.

Dengan spesifikasi, yaitu memory internal 16GB, Micro SD up to 64GB, RAM 3GB, Os Android V5.1 atau Lolipop, kamera 13 MP dan 5 MP. Ini lah smartphone yang banyak dibutuhkan, apalagi Anda yang ingin menggunakan 2 smartphone tetapi tidak mau repot membawanya.

Virtual Reality

Virtual Goggles atau Vitual Reality (VR) adalah salah satu teknologi terbaru dan tercanggih yang tengah menjadi perbincangan dunia. Bentuk dari teknologi ini adalah kacamata. Kacamata yang dilengkapi dengan teknologi super canggih.

Virtual Reality

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D). Virtual Goggles ini menggunakan teknologi stereoscopic goggles alias kaca mata sebagai media gambar 3D.

Jadi dengan menggunakan teknologi canggih ini kita bisa melihat sekeliling kita seolah-olah hidup. Cara kerja Virtual Goggles ini sama dengan kaca mata 3D, namun lebih canggih karena ditunjang dengan teknologi super.

Augmented Reality
Tak hanya VR yang berkembang, teknologi Augmented Reality (AR) juga tengah mendapat perhatian. AR merupakan teknologi perpaduan antara benda di dunia nyata dan maya. Misalnya, terdapat motor dalam dunia nyata lalu kita ingin memodifikasinya dengan AR ini. Kita bisa saja menambahkan, mengedit dan sebagainya pada motor tersebut kemudian rancangan tersebut menjadi desain di komputer kita.

AR sebelumnya banyak dikembangkan di dunia film, beberapa di antaranya Iron Man dan Transformers. Tapi, kini sudah mulai merambah industri lain, seperti digunakan dalam video untuk sebuah iklan.

Augmented Reality

Microsoft HoloLens merupakan salah satu AR dengan teknologi tercanggih abad ini. Jika dibandingkan, mungkin gadget ini akan dikatakan 'mirip' dengan google glass/ virtual google namun dengan fungsi, fitur dan tujuan penggunaan yang berbeda. Microsoft HoloLens lebih condong pada teknologi komputasi visual dibandingkan pada wearable device. Walaupun dalam kenyataannya memiliki bentuk dan fungsi yang sepertinya mirip dengan kacamata pintar, namun alat ini lebih diposisikan sebagai perangkat input output komputer.

Microsoft HoloLens meluncurkan prototipe pertamanya di Redmond, Washington baru-baru ini. Bentuk Microsoft HoloLens nampak seperti headset yang mencolok, ramping dengan lensa transparan. Anda masih dapat melihat dunia di sekitar Anda melalui alat tersebut, tapi tiba-tiba dunia yang berubah dengan objek 3D mengambang di udara, layar virtual pada dinding dan ruang tamu Anda tertutup karakter virtual memantul dari dinding. Microsoft HoloLens memiliki semua kerja komputer yang diintegrasikan langsung kedalam headset. Itu berarti tidak ada kabel atau bahkan smartphone diperlukan untuk mengoperasikannya.
Microsoft HoloLens

Dunia ini mungkin masih jauh dengan teknologi seperti yang terdapat pada film 'The Matrix' atau 'Star Trek', tetapi perusahaan saat ini secara pasti mengambil langkah ke arah itu. Microsoft HoloLens tidak benar-benar menghasilkan gambar 3D yang dapat dilihat oleh setiap orang, alat tersebut hanya menunjukkan gambar bagi pemakainya. Sehingga semua orang hanya akan berpikir Anda memakai kacamata keren. Perusahaan ini tidak mencoba untuk mengantarkan Anda ke dunia yang berbeda, melainkan sebaliknya membawa keajaiban komputasi ke dalam dunia kita. Kacamata akan melacak gerakan Anda, menonton pandangan Anda dan mengubah apa yang Anda lihat dengan memproyeksikan cahaya pada mata Anda. Saat perangkat menganalisis posisi di mana Anda berada, Anda dapat menggunakan gerakan tangan untuk berinteraksi dengan gambar 3D yang ditampilkan.

Post a Comment

0 Comments