Righ Header

Tips Menjadikan Anak Gemar Membaca

Membaca merupakan kegiatan positif yang mudah sekali untuk dilakukan oleh semua kalangan. Baik pada kalangan pejabat, politikus, pebisnis, peternak, petani, pedagang kaki lima bahkan pengangguran sekalipun, terlebih pada kalangan akademis. Dalam dunia pendidikan, aktifitas membaca merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan agar pengetahuan dan informasi terus bertambah. Kegiatan membaca dapat menumbuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Adanya sumber daya manusia yang berkualitas dapat menentukan kemajuan sebuah negara.

Pertanyaanya adalah, apakah budaya membaca di Indonesia sudah terlaksana dengan baik?



Diantara negara-negara yang ada di Asia, Indonesia merupakan salah satu negara yang minat bacanya tergolong rendah bahkan dibawah rata-rata dibanding dengan negara-negara lain yang ada di Asia. Hal ini dapat dibuktikan dengan data terakhir survei 2012, di Daerah Istimewa Yogyakarta indeks bacanya 0,049. Ini yang tertinggi di Indonesia, jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Tapi jika dibandingkan luar, seperti Singapura masih jauh. Di sana, indeksnya sudah 0,45,".

Keadaan miris tersebut tak luput dari beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya rasa enggan untuk membaca. Diantaranya karena:
  1. Banyaknya hiburan seperti (menonton televisi, bermain games)
  2. Banyaknya tempat wisata yang banyak menghabiskan waktu seperti (mall, tempat karaoke, play station dll)
  3. Minimnya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah seperti halnya perpustakaan. Di daerah perkotaan masih dapat dijumpai perpustakaan, namun tidak begitu untuk daerah pedalaman. Kalau pun ada, kondisi perpustakaan tidak kondusif
  4. Harga buku yang mahal tak sebanding dengan daya beli masyarakat
  5. Minimnya koleksi buku yang tersedia
  6. Lingkungan disekitar tempat tinggal anak dll

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “buku merupakan jendela dunia”. Pepatah tersebut sangat masyhur ditelinga para pecandu buku. Tidak sedikit orang yang mengiyakan akan pepatah tersebut. Karena memang benar adanya, bahwa dengan membaca akan menghadirkan banyak manfaat. Terutama bagi orang yang sangat akrab dengan buku. Baginya membaca merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Jika dalam sehari tidak membaca, maka mereka akan merasa ada sesuatu yang kurang darinya.

Manfaat membaca buku diantaranya yaitu meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak, karena dengan membaca anak dapat memperkaya kosa kata. Membaca juga dapat meningkatkan kognitif anak, hobinya membaca menjadikan anak memiliki banyak wawasan. Kegiatan membaca alangkah baiknya jika diterapkan pada anak sejak usia dini bahkan ketika anak sedang dalam kandungan.

Melihat realita rendahnya minat baca yang terjadi di Indonesia, maka sebagai orangtua harus pandai mengajak anaknya untuk gemar membaca buku guna mengurangi jumlah minimnya minat baca di Indonesia. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk dapat meningkatkan minat baca pada anak.

Berikut tips-tips yang dapat anda lakukan  agar anak gemar membaca:


1. Jadikan membaca sebagai hobi
Jika orang-orang disekitar anak memiliki kebiasaan atau hobi gemar membaca, secara tidak langsung anak juga akan mengikuti kebiasaan tersebut. Karena salah satu sifat yang dimiliki anak yaitu imitatif (meniru). Jika membaca sudah menjadi kebiasaan, maka akan jadi sesuatu yang ganjil jika tidak dikerjakan.

2. Bacakan cerita yang menarik untuk anak
Membacakan cerita meruapakan salah satu stimulasi untuk dapat menumbuhkan minat baca pada anak. terlebih jika orangtua dapat membacakannya dengan penuh ekspresif layaknya pendongeng handal. Dengan begitu anak akan merasa senang dan tidak bosan untuk mendengarnya. Tidak hanya membacakan cerita, tetapi juga menjelaskan pada anak apa pesan atau nilai moral yang terkandung dalam cerita tersebut.

3. Tumbuhkan rasa kecanduan anak untuk mendengar cerita
Ketika anak sedang asyik mendengar cerita, sebaiknya orangtua menghentikan cerita tersebut untuk kemudian diceritakan lagi pada keesokan harinya, agar anak merasa penasaran dan ingin tahu kelanjutan cerita berikutnya.

4. Jauhkan anak dari kegiatan yang menghambat anak untuk gemar membaca
Kegiatan yang dimaksudkan seperti menonton televisi, bermain games/ play station, bermain gadget. Kegiatan tersebut bukan tidak boleh, hanya saja sebagai orangtua harus pandai membatasi.

5. Ajak anak ke tempat buku
Tempat yang dapat anda kunjungi diantaranya perpustakaan, toko buku atau juga bazar buku. biarkan anak membeli dan memilih buku sesuai dengan yang diminati anak.

6. Beri apresiasi pada anak
Jika anak sudah mulai gemar membaca. Maka berilah apresiasi kepada anak agar anak tetap semangat dan anak merasa bahwa ia diperhatikan. Apresiasi tersebut dapat diberikan secara materiil dan nonmateriil. Materiil dapat berupa barang yang disenagi anak, sedang non materiil berupa pujian yang dapat menyenangkan hati anak.

Post a Comment

0 Comments