Righ Header

Keterpaduan Teknologi dan Pendidikan; Sebuah Metamorfosa Kemajuan Bangsa

Pada beberapa dekade terakhir kemajuan iptek berkembang secara cepat, banyak penemuan yang sangat menguntungkan manusia pada era baru ini. Entah pada negara maju atau negara berkembang, perkembangan teknologi ini sangatlah berpengaruh terhadap suatu kemajuan negara itu sendiri. Semua beranggapan ketika teknologi pada suatu negara itu maju, maka perkembangan negara itu juga akan melesat dan siap bersaing dengan negara yang lain.

Teknologi memang penting dan sangat vital untuk suatu negara, oleh karena itu dalam pengembangannya selalu mendapat dukungan penuh oleh pemerintah. Negara adi daya seperti halnya dulu USA dan Uni soviet sangat disegani karena mereka memiliki teknologi dan ekonomi yang sangat maju. Sehingga perkembangan di kedua negara itu juga sangat pesat.

teknologi pendidikan

Di Indonesia sendiri teknologi juga senantiasa dikembangkan dan terus diperbarui agar tidak kalah dengan negara-negara tetangga. Negara kita sebenarnya sangat berpeluang untuk menjadi negara maju, dimana sumber daya alam yang melimpah dan tidak sedikit pula sumber daya manusia yang bermutu sehingga bisa memanfaatkan sumber daya tersebut.

Selain teknologi, dunia pendidikan di tanah air pun senantiasa berkembang mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman. Dunia pendidikan tidak boleh sekuler terhadap teknologi jika ingin perkembangan pendidikan itu sendiri tidak terhambat. Teknologi memberi wacana sekaligus wahana yang siap menjadi kereta yang mengantar pendidikan tersebut menuju ambang kemajuan dan keberhasilan. Teknologi dan multimedia memberi terobosan baru untuk dunia pendidikan ditanah air.

Manfaat dari teknologi pun beragam dan sangat berguna bagi dunia pendidikan itu sendiri. Dengan teknologi peserta didik menjadi dipermudah dalam hal menuntut ilmu pengetahuan. Teknologi disini juga tidak dipandang praktis hanya sebagai media pembelajaran yang memberi warna baru dalam hal pembelajaran di sekolah, akan tetapi teknologi disini juga bisa menjadi pusat pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajar. Karena bukan tidak mungkin bahwa pada beberapa tahun yang akan datang, peserta didik tidak harus datang ke sekolah dan memasuki ruangan kelas untuk memperoleh ilmu pengetahuan, cukup dengan dia mempunyai koneksi internet dan beberapa alamat atau keywords tentang pendidikan dia juga bisa mengakses dan memperoleh pendidikan itu dimanapun dia berada.

Belajar tentang teknologi dalam pendidikan nantinya tidak berarti kita bebas mengakses informasi sesuka hati. Kita juga bisa belajar tentang kebijaksanaan dalam melakukan sesuatu. Kurikulum membantu menjadi acuan untuk peserta didik agar dalam pembelajaran nantinya meskipun tidak didampingi oleh seorang guru.

Dengan teknologi yang mendampingi pendidikan, pembelajaran dikelas kelas nantinya menjadi lebih hidup. Serta dengan teknologi pendidik dapat pula memvisualisasikan apa yang ia ajarkan sehingga peserta didik itu sendiri terhindar dari teori abstrak yang menghasilkan sesuatu yang ambigu. Banyak manfaat teknologi dalam pendidikan, namun masih belum banyak pula dari para praktisi pendidikan yang sudah bisa bercengkerama dengan teknologi itu sendiri. Padahal apabila mereka bisa menggunakan teknologi secara maksimal bukan tidak mungkin para peserta didik ini menjadi lebih kreatif dan inovatif kedepannya.

Tidak ada yang dulu pernah mengira bahwa kita bisa berkomunikasi dengan setiap orang disetiap penjuru bumi ini, namun dengan teknologi apa yang diperkirakan tidak mungkin menjadi mungkin dan bisa untuk dilakukan. Kombinasi yang sempurna apabila dimensi pendidikan ini dipadukan dengan teknologi, mereka akan berjalan beriringan saling melengkapi dan teknologi akan merubah nuansa pendidikan yang dulunya kolot dan membosankan menajdi berwarna dan menyenangkan. Sehingga menambah minat para peserta didik untuk belajar dan menjadi produktif.

Pada kebanyakan negara maju di dunia, pendidikan dan teknologi selalu berjalan beriringan sehingga keduanya mampu menjadi penopang kemajuan di negara itu. Indonesia pun berpeluang untuk menjadi maju karena pada beberapa dekade terakhir ini pendidikan di Indonesia tidak menutup diri pada perkembangan teknologi dan inovasi pendidikan, sehingga sudah terlihat banyak kemajuan dalam bidang teknologi dan pendidikan itu sendiri.

Namun yang perlu diingat bahwa pendidikan dan teknologi itu sendiri ibarat kan sebuah pisau bermata dua yang dalam penggunaan dan penerapannya kita sendiri juga harus senantiasa bijaksana. Selain itu dengan mengembangkan teknologi pada pendidikan, kita tidak akan berdosa kepada local wisdom dan tradisi luhur yang telah mengakar apabila kita bisa berkembang dan bersaing pada era yang menuntut untuk selalu bertransformasi dan berinovasi.

Post a Comment

0 Comments