Righ Header

7 Langkah Berhemat Data


Saat ini, pilihan paket data setiap operator sudah bisa diperoleh dengan harga murah, akan tetapi masih banyak pengguna ponsel pintar alias smartphone yang belum cermat memanfaatkan koneksi internet. Akibatnya biaya yang dikeluarkan untuk pemakaian data membengkak alias boros.
Berikut tips tentang penggunaan data dan cara menyiasati agar data lebih hemat.


 
1. Matikan Update Otomatis
Smartphone baru biasanya akan mengakses update otomatis untuk update software maupun firmware. Biasanya ketika menyalakan data akan muncul pada panel notifikasi. Besarnya file update ini bervariasi mulai dari 20MB hingga mencapai 300MB tergantung merek dan tipe ponsel yang dipakai. Kasus ini juga terjadi pada apllikasi yang sudah tertanam pada smartphone. Untuk aplikasi bisa mematikannya dengan masuk pengaturan di playstore. Hal ini kadang tidak disadari oleh pengguna smartphone, sehingga paket data yang dibeli cepat terkuras. Untuk menyiasati update software, buka pengaturan dan pilih pengaturan untuk download update hanya dilakukan ketika sedang menggunakan WiFi saja. Banyak tersedia WiFi gratis mulai dari sekolah, kampus, cafe atau tempat-tempat lainnya.

2. Matikan Sinkronisasi Otomatis
Sinkronisasi otomatis ini biasanya terjadi pada aplikasi email, update software dan lainnya. Sinkronisasi otomatis ini memaksa ponsel untuk terus menerus bekerja dan menggunakan akses internet. Anda bisa mengatur sinkronisasi manual atau update dalam rentang waktu yang cukup lama semisal 3 jam. Konsekuensinya email yang diterima tidakbisa real time. Tindakan ini tidak cocok bagi orang yang ketergantungan dengan update email.

3. Pilih Akses Konektifitas Rendah
Bila anda sedang berada pada daerah yang jauh dari kualitas sinyal yang bagus, sebaiknya atur koneksi pada pilihan terendah. Maksudnya, bila ponsel yang dipakai sudah mendukung konektifitas 4G atau 3G maka sebaiknya tetap gunakan akses internet 2G saja. Ini tentunya menghemat pemakaian data, akan tetapi akses yang didapat lebih lambat.

4. Hindari Voice Call atau Video Call
Sudah banyak aplikasi messenger menyediakan layanan voice call atau video call. Sebut saja Skype, Tango, Viber, BBM, Line atau Whatsapp misalnya. Tentunya aplikasi ini Terlihat menarik untuk dicoba, tapi membutuhkan koneksi internet yang besar dan kualitas yang bagus. Jika komunikasi dapat dilakukan dengan pesan teks maupun chat messenger, pilihan itu lebih baik ketimbang voice call ataupun video call.

Baca juga:
    Cara Jitu Membuat WhatsApp Tidak "Lola" 
    Menjalankan Android di PC


5. Hindari Upload Foto atau Video Secara Otomatis
Buat pengguna Android, terdapat fitur cloud untuk menyimpan foto dan video secara otomatis. Dengan fitur ini, ketika pengguna berganti ponsel, semua foto dan video tersebut dapat didapatkan kembali dengan mengunduhnya. Akan tetapi,  resikonya adalah kuota data yang dibutuhkan sangat besar.
6. Hindari Game Online atau Video Streaming
Game online sudah menjadi trend yang tidak bisa dihindari, baik anak SD maupun orang dewasa. Game online memungkinkan pengguna bertanding dengan orang lain yang tidak dikenal sekalipun secara real time. Demikian juga menonton video streaming seperti YouTube atau video Instagram misalnya. Menonton streaming tentunya membutuhkan akses data yang tidak kecil.



7. Utamakan WiFi
Yang terakhir, utamakan WiFi. Atur pengaturan menjadi mengutamakan WiFi baik untuk download software atau update firmware. Hal ini tentunya akan menghemat kuota mobile data. 

Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments