Righ Header

Indonesia-Australia Luncurkan Game Edukatif “Next Door Land”

Ingin mengajak siswa anda berpetualang keliling Indonesia? Atau ingin mengajak siswa anda ke Australia? Kini siswa dan guru akan dimudahkan dalam mempelajari budaya yang ada di Indonesia dan di Australia. Bahkan seluruh ekosistem pendidikan mampu mengakses game ini hanya dalam satu genggaman. Tentu sudah tidak asing bila mendengarkan istilah permainan edukatif. Belakangan ini, sangat banyak terobosan baru dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. Bahkan dunia pendidikan juga memanfaatkan teknologi tersebut, terutama dalam perannya sebagai media pembelajaran, baik pembelajaran langsung di kelas, maupun di luar jam kelas. Tentu banyak keuntungan yang didapat dari game edukatif ini.

Permainan edukatif diabad ini sangat beragam. Mulai dari permainan yang menggunakan media tradisional, hingga media permainan modern berbasis komputer atau handphone. Permainan edukatif merupakan alah satu bentuk kegiatan alternatif dalam dunia pendidikan. Permainan edukatif adalah permainan yang bersifat mendidik. Permainan edukatif bertujuan untuk meningkatkan minat dan antusiasme siswa dalam belajar, baik dalam jam pelajaran, maupun di luar jam pelajaran. Bahkan saat ini muncul istilah edutainment. Edutainment merupakan bentuk kegiatan yang bersifat mendidik (educate) dan menghibur (entertain). Dunia bermain merupakan dunia milik anak-anak. Sehingga permainan edukatif dianggap sangat penting dalam menciptakan meaningful learning atau pembelajaran yang bermakna.
 
Maka dari itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan serta Menteri Luar Negeri Australia Hon Julie Bishop meluncurkan salah satu game edukatif yang bernama “Next Door Land”. Next Door Land merupakan permainan e-learning yang akan membawa pemainnya berpetualang secara virtual ke Indonesia atau Australia. Maksud dari virtual adalah menyampaikan pesan tidak secara langsung, yaitu melalui dunia maya, namun dalam penyampaiannya tetap menyuguhkan bentuk yang sesungguhnya. Permainan ini sangat cocok untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Permainan ini dianggap sebagai salah satu simbol persahabatan antara Australia dengan Indonesia. Ada banyak budaya di Indonesia dan Australia yang dapat dipelajari sebagai pengetahuan umum. Sehingga para pemain akan berpetualang melintasi Jakarta, berlomba mencapai puncak jembatan Sydney Harbour, berselancar di Perth, dan bermain kriket di Adelaide. Bahkan pemain dapat bermain gamelan dan memasak masakan Indonesia.
 
Seperti yang kita ketahui, prinsip yang harus ada dalam permainan edukatif adalah mendidik dan mengesankan siswa. Sehingga dalam game edukatif “Next Door Land” ini, para pemain akan disuguhkan dengan berbagai pengetahuan, seperti sejarah, musik, arsitektur, olahraga, dan mitologi.
 
Dalam buku Education Game disebutkan ada beberapa sebab pentingnya permainan edukatif, yaitu:

1. Permainan Edukatif mampu meningkatkan pemahaman terhadap diri. Maksudnya adalah setiap anak tentu harus menikmati masa anak-anaknya dengan mengaktualisasikannya lewat permainan, tentunya tetap bersifat mendidik.

2. Permainan Edukatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Saat bermain, anak akan belajar berfikir secara sistematis, sehingga akan meningkatkan kecakapannya dalam menyampaikan sesuatu secara runtut.

3. Permainan Edukatif dapat meningkatkan kemampuan menciptakan hal baru.

4. Permainan dapat meningkatkan imajinasi anak

Oleh sebab itu, Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud dan Kedutaan Besar Australia bekerja sama dengan pengembang aplikasi permainan Agate, Asia Education Foundation dan Australia-Indonesia Youth Association (AIYA) menciptakan permainan “Next Door Land”. Saat ini, permainan tersebut dapat diunduh di Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id). Selanjutnya, dalam beberapa bulan ke depan, masyarakat dapat mengunduh games ini di akun iTunes dan Android.

Bagaimana? Mulai tertarik? Guru yang profesional adalah guru yang selalu melakukan inovasi dalam pembelajarannya. Mari ajak siswa dan anak berpetualang melalui game ini. Selamat belajar dan selamat mencoba..

(dilansir dari berbagai sumber)


(Rizka Hidayah)

Post a Comment

0 Comments