Righ Header

LTE 4G, Seberapa perlukah anda?

Semakin hari, ponsel-ponsel berlabel LTE 4G semakin banyak. Setiap minggu, hampir muncul satu produk ber embel-embel LTE 4G. Dari  merek A sampai merek Z. Dari yang produk terkenal, sampai produk yang baru lahir. Berhubung tim Lamperan ada yang belum menggunakan smartphone LTE 4G, maka diputuskan untuk mencari beberapa referensi ponsel yang sudah mendukung jaringan LTE 4G. 

Akan tetapi, sebelum mencari ponsel yang sudah mendukung jaringan LTE 4G, alangkah lebih baiknya berkenalan dulu. Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang, betul kan?

"3GPP Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali diadopsi oleh operator seluler TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 Desember 2009" itu sekilas tentang LTE 4G, jika mau tau lebih dalam, silakan kunjungi Wikipedia Indonesia.
4G LTE
Baca juga:
 
Dilihat dari kesiapan provider di Indonesia, mereka menyambut era baru internet LTE 4G dengan gembira. Buktinya tahun depan semua provider sudah siap megibarkan bendera LTE 4G. Keberadaan akses internet cepat tersebut tentunya memberikan beberapa keuntungan. Namun di sisi lain, juga dapat memberikan nilai minus. Termasuk adalah dalam hal meningkatnya pemakaian data internet.

Dari segi pemakaian data internet, jaringan LTE 4G lebih banyak menguras data. Apa penyebabnya? penyebabnya yaitu berubahnya kebiasaan pemakaian internet. Dengan akses yang lebih cepat, bagi yang biasa streaming video dengan resolusi rendah, maka tentunya akan beralih ke video HD saat memakai koneksi LTE 4G. berubahnya kebiasaan ini tentu saja menguras paket data internet LTE 4G.

Selanjutnya, dalam menggunakan koneksi internet LTE 4G, harus didukung hardware yang memadai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan jaringan LTE 4G. Pertama adalah gunakan kartu SIM khusus LTE 4G (uSIM). Kedua, smartphone yang dipakai juga yang sudah mendukung konektivitas LTE 4G. 

Dengan adanya LTE 4G, seharusnya memudahkan para siswa dalam mencari materi yang diperlukan, bukan menurunkan daya konsentrasi belajar.

Apa artinya 4G jika smartphone kamu masih 3G???