Righ Header

Efektivitas Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan masih banyak guru yang meragukan kebermanfaatan teknologi dalam mengajar. Padahal kita sudah sering menggunakan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dari bangun tidur hingga tidur lagi. Kenapa guru masih enggan untuk memanfaatkan teknologi? Padahal banyak sekali kebermanfaatannya dalam pengajaran yang dilakukan guru bila memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya.

Beberapa manfaat teknologi dalam dunia pendidikan. Yang pertama, ialah munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain. Dampak dari hal ini adalah guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, maka dari itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.

efektifitas teknologi pendidikan

Kedua, munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan Teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi abstrak tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat lebih dipahami secara mudah oleh siswa.

Ketiga, sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Selama ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.

Keempat, adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi. Dulu, ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data dengan memamfaatkan berbagai program yang telah di installkan.

Kelima, pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu contoh, yaitu Penggandaan soal Ujian, dengan adanya mesin foto copy, untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu:
  1. Pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik.
  2. Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / Kompleks.
  3. Mempercepat proses yang lama.
  4. Menghadirkan peristiwa yang jarang terjadi.
  5. Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau diluar jangkauan.
Beberapa manfaat teknologi dalam pendidikan sangatlah membantu bagi guru, siswa maupun intansi pendidikan.


Post a Comment

0 Comments