Righ Header

Workshop Analisis Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS


Tahun 2014 Laboratorium Multimedia Pembelajaran kembali mengadakan Workshop SPSS. Workshop Statistical Product for Service Solution (SPSS) merupakan bagian dari agenda kegiatan program DPP Bidang TIK dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menguasai aplikasi SPSS guna dimanfaatkan dalam menganalisis data penelitian kuantitatif, seperti penelitian dalam tugas perkuliahan, penyususnan tugas akhir atau skripsi serta berbagai macam kebutuhan penelitian lainnya.

Sabtu (15/11), workshop SPSS berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Workshop SPSS ini dilaksanakan di ruang 101-102 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang dimulai dari jam 07.30 sampai dengan jam 14.00 Wib. Proses workshop terlaksana dengan cukup lancar, dengan materi dan simulasi yang telah dipersiapkan dengan matang baik oleh panitia maupun oleh para nara sumber.

Workshop SPSS yang diadakan ini dikhususkan bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan semester 5 dan semester 7, dengan target maksimal sejumlah 60 peserta. Namun ternyata animo dan antusiasme mahasiswa begitu luar biasa, pendaftaran baru dibuka beberapa hari saja jumlah peserta yang mendaftar sudah melebihi target. Akhirnya berdasarkan koordinasi panitia maka jumlah peserta ditambah menjadi 80 mahasiswa, dan itu pun masih harus menolak sejumlah mahasiswa yang ingin mendaftar namun sudah kehabisan kuota. Arif Yuswanto selaku Koordinator Laboratorium sekaligus panitia pelaksana workshop SPSS, mengaku cukup senang dengan suksesnya kegiatan workshop ini. Namun menurutnya ia cukup menyayangkan kepada mahasiswa yang belum bisa untuk mengikuti acara Workshop ini dikarenakan keterbatasan kuota dan tentunya juga karena keterbatasan anggaran.

Acara workshop SPSS berjalan dengan sangat menarik dan menginspirasi, terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti acara demi acara sampai selesai. Ini menandakan bahwa pelatihan SPSS tersebut menjadi penting bagi mahasiswa dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya mereka yang tertarik dalam penelitian kuantitatif.

Dalam workshop SPSS ini, software yang digunakan adalah SPSS versi 22. SPSS versi 22 yang merupakan SPSS versi terbaru. Versi ini mungkin masih asing di kalangan mahasiswa walaupun pada dasarnya cara penggunaannya sama, akan tetapi SPSS versi ini tampilannya jauh lebih keren dan lebih menarik serta ditambah beberapa fitur keren lainnya. 

Tahun 2014 ini, menjadi kesan tersendiri dengan adanya workshop SPSS ini, baik untuk penyelenggara maupun bagi peserta yang mengikuti. Seperti yang diungkapkan oleh Hendy Saputra, ia mengatakan “Adanya workshop SPPS ini sangat bagus dan bermanfaat, khususnya bekal bagi saya dan teman-teman mahasiswa dalam penyusunan skripsi yang menggunakan analisis kuantitatif. Selain itu, bisa menambah wawasan paling tidak sudah tahu apa itu SPSS dan bagaimana fungsinya serta dapat melakukan perhitungan secara cepat, yang mana bisa barguna untuk proses penelitian.” Uangkap mahasiswa jurusan PAI semester V Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini yang ditemui kru Lamperan seusai workshop. “Harapan saya, ke depan ada tindak lanjutnya, maksudnya ada pelatihan yang lain, khususnya dalam penggunaan SPSS itu sendiri, dan sering-sering mengadakan acara pendukung keterampilan selain yang sudah ada” Tambah Hendy. 

Pelaksanaan Workshop SPSS ini merupakan upaya terintegrasi dari Laboratorium Multimedia Pembelajaran untuk terus berada di depan dalam menginspirasi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk senantiasa meningkatkan skill dan kemampuannya dalam penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama dalam bidang pendidikan. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat menguasai berbagai software untuk meningkatkan skill dan bisa memanfaatkan software maupun tekonologi dengan sebaik mungkin, bukan hanya dalam pengetahuan saja, tetapi juga responsif akan perkembangan teknologi dan perkembangan zaman, untuk menunjang kaum akademis yang berkualitas dan berkompeten.


Reporter: Arfan Sodiq
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi IV/ Desember 2014

Post a Comment

0 Comments