Righ Header

Transfer Data Antar Laptop Tanpa Menggunakan Flashdisk Maupun Kabel LAN

Kebutuhan transfer file atau data antar mahasiswa memang sangat tinggi, terutama transfer data berupa tugas-tugas kuliah, master software, lagu, bahkan video/film yang ukurannya hingga bergiga-giga. Tentu untuk memenuhi kebutuhan tersebut mahasiswa harus menyiapkan alat penyimpan media data portable seperti flashdisk atau harddisk external. Jika alat penyimpan media data portable tersebut tersedia tentu tidak akan kesulitan dalam transfer data, tetapi bagaimana kalau lupa tidak membawanya atau kapasitas flashdisk tidak mencukupi?

Tentu ada cara lain agar data tersebut dapat ditransfer. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan jaringan wifi yang pasti sudah ada di laptop-laptop sekarang. Cara seperti ini disebut dengan “jaringan Ad-Hoc”. Jaringan Ad-hoc adalah salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Dengan memanfaatkan fasilitas wifi, kita dapat mentransfer file data antar laptop dengan mudah dan cepat, selain itu ada beberapa kelebihan lain, diantaranya:
  1. Tidak memerlukan media portable seperti flashdisk
  2. Transfer file menjadi lebih cepat 
  3. Lebih praktis karena proses salin data hanya 1 kali langsung antar laptop tanpa melalui flashdisk terlebih dahulu 
  4. Bisa menyalin file dalam ukuran besar, hingga puluhan Giga Byte

Berikut adalah cara membangun jaringan ad-hoc:

  • Pastikan tersedia dua buah laptop dengan wifi aktif/menyala
  • Setting salah satu laptop, masuk ke “control panel”, pilih “Network and Internet” dan klik “Network and Sharing Center” 
  • Pada “Change networking settings” pilih “Set up a net connection or network" 
  • Pilih “Set up a wireless ad hoc”, klik next – next, maka akan muncul window seperti dibawah ini: Isikan Network name, misal “Lamperan”, Security Type pilih WPA2-personal, Isikan Security Key, beri tanda cheklist pada “Save this network” dan klik next sampai selesai.
 
  • Jika icon Wifi pada taskbar sebelah kanan desktop diklik dan muncul nama jaringan yang kita buat tadi, maka tahap membangun jaringan ad-hoc berhasil. Lihat gambar berikut ini.
 

Setelah tahapan untuk membangun jaringan ad hoc selesai, maka langkah berikutnya adalah harus mengaktifkan file yang akan disharing.

Caranya adalah sebagai berikut: 
  1. Masuk windows explorer, tentukan folder yang akan disharing, klik kanan folder tersebut pilih “Properties” klik tab “Sharing” dan pilih “Share”.
  2. Muncul kotak dialog File Sharing. Klik Menu drop-down, pilih “Everyone”, lalu klik “Add”, pilih “Done”.
  3. Untuk mengakses folder atau file yang sudah dishare tadi, hubungkan laptop yang lainnya ke laptop yang sudah disetting jaringan Ad Hoc seperti menghubungkan koneksi wifi. Setelah terhubung masuk ke windows explorer, klik Network, disitu terdapat daftar Laptop yang sedang terhubung. Kita bisa akses laptop yang terhubung tersebut dan membuka atau menyalin folder yang sudah dishare. 
  4. Untuk memastikan bisa terkoneksi dengan windows explorer pada laptop yang dishare (windows explorer-Network), pastikan buat username dan password terlebih dahulu pada setiap laptop. Kemudian masukkan password yang sudah dibuat tadi beserta usernamenya ketika masuk ke windows explorer laptop yang akan dibuka atau disalin filenya. 
Anggi Jatmiko  
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi IV/ Desember 2014

Post a Comment

6 Comments

  1. makasih gan sangat membantu dan izin share ya gan.

    ReplyDelete
  2. terbaik, dari dulu nyari tips ginian tapi baru ketemu 👍

    ReplyDelete
  3. Apakah Penggunaan Data Internetnya juga Sebesar File Yang Ditransfer ?
    Titip Salam ya :
    http://daycarejoyful.com

    ReplyDelete
  4. Apakah Penggunaan Data Internetnya juga Sebesar File Yang Ditransfer ?

    ReplyDelete
  5. untuk user name dan passwornya pakek yg mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop atau pc nya dibikin pass dlu bang

      Delete

Kami sangat antusias terhadap ide dan gagasan anda, sila berikan tanggapan!