Righ Header

Steve Jobs - Inovator Masa Depan


Siapa yang tak mengenal Steve Jobs, apakah anda mengenalnya?. Mungkin saja anda memang tak mengenalnya, tapi anda bangga menyebut diri anda sebagai manusia modern karena anda menggunakan “produk modern” yang merupakan hasil ciptaan Steve Jobs.

Steven Paul "Steve" Jobs adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney.

Jobs lahir di San Francisco, California dan diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs (née Hagopian) dari Mountain View, California, yang menamainya Steven Paul. Orang tua biologis Jobs – Abdul Fattah Jandali, seorang sarjana berkebangsaan Suriah yang kemudian menjadi profesor ilmu politik dan ibunya Joanne Simpson (née Schieble), seorang sarjana berkebangsaan Amerika Serikat yang kemudian menjadi patolog bahasa wicara – yang kemudian menikah, melahirkan dan membesarkan adik biologis Jobs, yaitu novelis Mona Simpson.

Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California, dan sering menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Ia kemudian dipekerjakan di sana dan bekerja bersama Steve Wozniak sebagai karyawan musim panas. Tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas dan mendaftar masuk Reed College di Portland, Oregon. Meski ia keluar setelah satu semester, ia melanjutkan audit kelasnya di Reed, seperti kelas kaligrafi, dengan tidur di lantai kamar temannya, mengembalikan botol-botol Coke demi mendapatkan uang, dan mendapatkan makanan gratis mingguan di wihara Hare Krishna setempat. Jobs kemudian berkata, "Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar."

Pada musim gugur 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri petemuan Homebrew Komputer Club bersama Wozniak.Ia mengambil pekerjaan sebagai teknisi di Atari, sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video populer, dengan tujuan utama menabung uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.
Jobs kemudian berangkat ke India untuk mengunjungi Neem Karoli Baba di Kainchi Ashram-nya bersama seorang teman dari Reed College (yang kelak menjadi karyawan Apple pertama), Daniel Kottke, untuk mencari pencerahan spiritual. Ia pulang dalam keadaan menganut agama Buddha dengan kepala tercukur dan mengenakan pakaian tradisional India.Setelah itu Jobs memulai karirnya dengan sahabatnya Wozniak dan ini adalah awal dari perjalanan Jobs mendirikan Apple beserta karya-karyanya.

Apple I
Tahun 1975 Steve Jobs bersama rekannya Steve Wozniak mulai merakit komputerApple I dibawah supervise Ronald Wayne. Satu tahun kemudian mereka mendirikan Apple untuk mewadahi adanya komputer rakitan mereka yang kita kenal saat ini.

Komputer pertama Apple dirilis tahun 1976 dengan harga $666.66 dengan ukuran lebih kecil dari papan sirkuit.Komputer pertama Apple saat itu sangat membuat daya tarik yangluar biasa kepada hacker yang ingin mengetahui lebih dalam tentang produk tersebut yang hadir tanpa adanya keyboard, monitor bahkan catu daya.Komputer pertama Apple ini dikeluarkan saat acara Homebrew Komputer Club dan hanya menghasilkan 200 unit komputer saja dan dipamerankan pada pameran Personal Computing Festival.

Apple sangat mengejutkan pasar saat itu dan merupakan produk komputer pertama yang diproduksi secara masal untuk komputerApple I tahun 1977.Kehadirannya lansung sukses di pasar Amerika Serikat pada saat itu dan hadir sebagai komputer yang sangat keren dari sisi penampilannya.Apple II berbentuk lebih ramping dan dirilis tahun 1984 yang sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna di rumah dan pekerja kantoran.

Machintosh

Machintosh lahir 2 Januari 1984 disaat pertemuan para pemegang saham Apple dilangsungkan.Apple langsung menjadi pionir kala itu dengan merilis komputer yang hadir dengan tampilan grafis (GUI) yang pertama dan adanya mouse dengan satu tombol. Steve Jobs secara langsung mempromosikan produk ini dengan membuat iklan televise dengan penampilan yang sangat mengaagumkan.

Printer Laser Writer
 
Ini bukan jenis printer laser pertama yang hadir di pasaran, namun produk ini adalah kreasi Steve Jobs yang hadir untuk komputer Macintosh tahun 1985.Ukurannya lebih besar dari pada mesin microwave. Laser Writer dapat mencetak pada kertas seukuran koran dengan teknologi postscript yang memberikan kemampuan pada kita untuk menghasilkan cetakan teks, tata letak dan grafik. Printer ini diluncurkan pertama kali bersamaan dengan keluarkannya perangkat lunak Aldus Pagemaker.

iMac
Steve Jobs memang sempat dikeluarkan oleh Apple tahun 1985 dan langsung mendirikan perusahaan NeXT dan Pixar. Jobs kembali ke Apple tahun 1997 karena kondisi Apple yang bergerak lesu tanpa arah.Begitu Jobs kembali memimpin Apple, dia langsung mengeluarkan sebuah produk komputer bernama iMac pada 6 Mei 1988.iMac adalah sebuah revolusi komputer dengan tampilan grafis yang sangat luar biasa hebat dengan teknologi warna yang sungguh memukau.

iMac merupakan suksesor dari komputerApple generasi sebelumnya dan menggunakan teknologi lanjutan yang lebih canggih. Ciri khas bentuk desain komputer iMac sangatlah unik dan menjadi pionir terhadap produk komputerlain dan hingga kini desain iMac banyak diikuti oleh vendor PC.

iPod
iPod adalah MP3 player yang dikeluarkan Apple tahun 2001 dan ini adalah salah satu produk karya Steve Jobs yang sangat revolusioner sebagai pemutar music digital. Dengan hard disk berukuran 5 GB mampu menampung ratusan lagu namun memiliki sedikit masalah saat awal peluncuran karena tidak kompatibel dengan mesin Windows (akhirnya mereka memperbaikinya kemudian).Setelah masalah kompabilitas dengan Windows dilakukan tahun 2002 iPod menjadi popular dan merupakan produk pemutar music digital paling laris di Amerika Serikat.

Mac Os X 10.0

Tahun 2001 Jobs menghadirkan sistem operasi yang handal untuk sebuah komputer Apple yaitu Mac Os X versi 10.0 yang dijanjikan merupakan platform sistem operasi Apple di masa mendatang. Uniknya software ini dijual secara retail seharga $129 dan ternyata benar-benar revolusioner.produk ini akan menggantikan lamannya sebuah sistem operasi lama Apple yang sudah lama tak diganti selama 15 tahun.

MacBook Pro

ini juga salah satu produk revolusioner dari Jobs yang beralih dari sistem prosesor Apple yang beralih ke produk Intel. MacBook Pro adalah laptop besutan Apple yang dapat berjalan dilingkungan prosesor buatan Intel yang semakin meroket tanpa pesaing yang berarti. Sebelumnya Apple selalu menggunakan prosesor Power PC buatan Apple dan IBM yang sangat lama berkuasa di semua produk-produk Apple.Dengan putusan Apple menggunakan produk Intel, ternyata meningkatkan performa dan popularitas MacBook Pro.Lalu keluarlah MacBook Pro Air yang juga menggunakan Intel sebagai prosesor yang dikenal sebagai laptop paling tipis di dunia.

iPhone
Kehadiran iPhone pertama kali dikenalkan pada acara MacWorld 2007 dengan banyak inovasi pada sebuah telepon genggam. Hadir dengan kontrol te teknologi layar sentuh yang merevolusi banyak kelemahan teknologi smartphone saat itu.ini merupakan alat komunikasi yang menonjolkan keunggulan multimedia yang canggih termasuk seluruh fitur iPod, telpon seluler dan internet. iPhone pertama kali hadir 29 Juli 2007 dengan harga $499 dengan kontrak khusus perusahaan telekomunikasi ternama AT&T.
Rahasia sukses iPhone adalah teknologi layar sentuhnya.iPhone sudah hadir dalam berbagai seri seperti iPhone 3G, iPhone 4, iPhone 4S dan yang terakhir iPhone 5. Perlu diketahui bahwa kemunculan iPhone 4S hadir sehari sebelum Steve Jobs meninggal dunia.

iPad
inilah produk fisik terakhir yang dihasilkan oleh tangan dingin Steve Jobs, komputer tablet pertama dan revolusioner hadir memenuhi kebutuhan anda akan sebuah komputer dengan mobilitas tinggi dan penuh kecanggihan multimedia, yaitu iPad. iPad dalam sekejap sukses dan laris manis serta menjadi pionir dari perusahaan lain untuk membuat produk sejenis. iPad sungguh fenomenal dan banyak digandrungi oleh orang yang sangat suka fleksibilitas akses internet dan bekerja.

Pertama kali Jobs mempresentasikan produk ini dengan menyebutkan sebagai “magical device”. Banyak kritik yang mengalir ketika ada rencana meluncurkan komputer tablet karena dahulu sudah pernah ada dan gagal dipopulerkan oleh banyak vendor. Namun iPad menjawabnya dengan jelas bahwa ini adalah sebuah tantangan yang menjawab semua pertanyaan itu. Produk ini segera laris manis dan sejauh ini telah menjual lebih dari 15 juta unit keseluruh dunia walaupun mulai tumbuh pesaing yang mengganggu.

Pada tanggal 25 agustus 2011, Pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc,, Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri tetapi setelah itu Jobs terpilih sebagai ketua dewan direktur Apple.

Steve Jobs meninggal pada usia 56 tahun. Setelah bergulat dengan kanker pangkreas yang telah mengerogoti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir.Berita “Steve Jobs meninggal” ini diumumkan oleh pimpinan Apple pada rabu malam 5 Oktober 2011.Ikon Lembah Silikon ini dikenang atas jasanya menghibur dunia dengan iPod iPhone dan yang terakhir adalah iPad.Agustus lalu, dia baru saja menyerahkan posisi CEO kepada Tim Cook.Steve Jobs sendiri dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini. Slamat jalan sang maestro.

Steve Jobs telah mendapatkan beberapa penghargaan, diantarnya adalah:
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs

Post a Comment

0 Comments