Righ Header

Seni Musik dan pengaruh Teknologi Modern

Masuknya agama adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan seni musik Indonesia. Pada zaman pra sejarah, masyarakat masih kental dengan budaya yang berhubungan dengan mistik (animisme dan dinamisme). Musik pada masa ini biasanya masih menggunakan bahasa tubuh dan menggunakan bahan dari alam sekitar, penggunaan musik lebih banyak dalam kegiatan ritual peribadatan.

Setelah masuknya agama Hindu-Budha, di Indonesia berdiri kerajaan-kerajaan besar. Musik merupakan bagian dari upacara dan acara-acara kerajaan, misalnya untuk penyambutan para tamu. Perkembangan alat yang digunakan pun semakin beragam dari yang tadinya hanya pemanfaatan bahasa tubuh dan bahan alam murni, musik sudah mempunyai sentuhan teknologi misalkan saja gamelan.


 
Masuknya pedagang-pedagang Arab (Timur Tengah) menambah warna baru music Indonesia. Pedagang-pedagang Arab ini tidak hanya menyiarkan misi mereka yaitu mendakwahkan agama Islam, mereka juga membawa alat musik sesuai ciri khas mereka seperti hadroh, rebana atau juga gambus, ini merupakan awal kenapa di Indonesia ada musik rebana dan hadroh.

Pada masa kolonialisme para pendatang memperkenalkan alat musik dari negara mereka seperti biola, drum, bas dan gitar. Mereka juga yang memperkenalkan solmisasi, ini merupakan awal berkembangnya musik modern di Indonesia. Tahapan selanjutnya music Indonesia banyak diwarnai oleh macam-macam alat music ini sehingga muncullah aliran musik baru yang menggabungkan antara music daerah dan modern, keroncong misalnya.

Dalam perkembangan Seni musik di dunia khusunya di Indonesia, teknologi mempunyai peran yang signifikan. Munculnya berbagai macam inovasi alat-alat musik adalah bukti pengaruh besar teknologi dalam dunia musik. Dari beragamnya alat musik ini maka muncul pula variasi dan jenis aliran musik. Begitupun juga halnya dengan perkembangan musik di tanah air, teknologi masuk untuk memberikan pengaruh besar dan warna baru. Masuknya aliran-aliran musik baru seperti, jazz, R&b, pop, blues, rock menandakan kalau masyarakat Indonesia terbuka dalam menerima perkembangan musik. Penerimaan Indonesia terhadap perkembangan alat musik dan aliran music itu sendiri membwa Indonesia menemukan ciri khas dalam bermusik, lahirlah music-musik khas seperti keroncong dan dangdut. Dangdut merupakan perpaduan antara musik india dengan musik melayu. Makanya indonesia mengenalkan diri dengan sebuatan “Dangdut is music of my country”.

Perkembangan teknologi di dunia yang sangat cepat juga mempengaruhi bentuk penyajian seni musik. Pada awalnya musik adalah seni pertunjukan langsung dimana penonton harus mendatangi tempat dilaksanakannya pertunjukan. Kini music hadir dalam bentuk yang lebih mudah diakses, melalui radio, televise, hp, komputer, dan jaringan internet, membuat musik lebih mudah dinikmati. Musik lebih dekat dengan penikmatnya dan musik menjadi lebih mudah untuk disajikan dan dimanfaatkan dalam berbagai macam kebutuhan.

(Aqib Prayogo)
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi II/ Desember/ 2013

Post a Comment

0 Comments