Righ Header

Presiden dan CEO Yahoo Marissa Mayer - Wanita rupawan dengan karier menawan


Jika kita ditanya pernahkah kita menggunakan yahoo? pasti jawabannya pernah, namun jika pertanyaanya berlanjut siapakah figur dibalik suksesnya yahoo di dunia? Jarang yang bisa menjawabnya.

Marissa mayer adalah figur dibalik kesuksesan yahoo yang saat ini sangat mendunia. Wanita yang lahir pada tanggal 30 Mei 1975 ini merupakan Presiden dan CEO Yahoo! Setelah sebelumnya menjadi eksekutif dan juru bicara utama bagi Google. Mayer menduduki peringkat nomor 14 pada daftar pengusaha paling kuat di Amerika tahun 2012 oleh majalah Fortune. Marissa Mayer adalah wanita yang cerdas. Dia diterima di setiap perguruan tinggi ia lamar, yaitu sekitar 10 universitas dan akhirnya mayer memilih Stanford dengan mengambil bidang Ilmu Komputer dan mengkhususkan diri dalam kecerdasan buatan.

Mayer lahir di Wausau, Wisconsin. Dari Wausau West High School kemudian Mayer dipilih oleh Tommy Thompson selaku Gubernur Wisconsin, menjadi salah satu utusan dari negara dua delegasi untuk menghadiri National Youth Science Camp di West Virginia. Mayer lulus dengan pujian dari Stanford University dengan BS dalam sistem simbolis dan M.S. dalam ilmu komputer. Untuk gelar kedua, spesialisasi nya dalam kecerdasan buatan. Pada tahun 2009, Illinois Institute of Technology memmebri Mayer sebuah gelar doktor honoris causa dalam pengakuan atas karyanya di bidang pencarian.

Mayer bergabung dengan Google pada tahun 1999 sebagai karyawan dan menjadi salah satu dari 20 insinyur perempuan pertama perusahaan itu. Selama 13 tahun dia di perusahaan, dia menjadi insinyur, desainer, manajer produk sekaligus eksekutif. Mayer memegang peran kunci dalam Google Search, Google Images, Google News, Google Maps, Google Books, Google Product Search, Google Toolbar, iGoogle dan Gmail. Dalam beberapa tahun terakhirnya dengan Google, dia adalah Wakil Presiden lokal, Maps, dan Layanan Lokasi, sebelumnya ia juga menjabat sebagai wakil presiden produk pencarian.

Pada tanggal 16 Juli 2012, Mayer diangkat sebagai Presiden dan CEO Yahoo!. Dia juga menjadi anggota dewan direktur perusahaan. Kemudian Pada tahun 2013, Mayer mendapat peringkat 32 di Daftar Forbes Magazine dari 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia, bahkan ditahun yang sama Mayer terdaftar menjadi wanita pertama sebagai nomor satu dalam daftar tahunan majalah Fortune dari top 40 bintang bisnis di bawah 40 tahun.

Sungguh pencapaian yang gemilang bagi karir seorang wanita. Tidak berhenti disitu saja, pada Februari 2013, Mayer mengawasi personel perubahan kebijakan utama di Yahoo! Yang mengharuskan semua karyawan remote bekerja untuk mengkonversi ke operator di kantor. Kemudian Pada April 2013, CNN mencatat bahwa perkembangan yahoo sejalan dengan perusahaan lainnya, seperti Facebook dan Google.

Pada tanggal 20 Mei 2013, Mayer menjadi pemimpin Yahoo! Untuk mengakuisisi Tumblr dengan nilai akuisisi 1,1 miliar dolar. Akuisisi ini hanyalah satu dari serangkaian pembelian besar yang terjadi sejak Mayer menjadi CEO perusahaan. Pada Juli 2013, Yahoo! melaporkan penurunan pendapatan sebanyak 1,7 %. Namun tidk lama setelah keterpurukan Pada bulan September 2013, dilaporkan bahwa harga saham Yahoo! Telah dua kali lipat selama 14 bulan sejak penunjukan Mayer. Dibawah kepemimpinannya juga dilaporkan jika Yahoo! berhasil mencapai rekor baru dalam hal jumlah pengunjung bulanan. Dikabarkan jika pada bulan September tercatat ada 800 juta pengguna internet yang mengunjungi halaman Yahoo!

Dengan saham naik lebih dari 100% sejak ia mulai menjalankan perusahaan 16 bulan yang lalu, Mayer mencerminkan pada pilihannya sampai saat ini. Dan Karena prestasinya ini Pada usia 37 tahun, Mayer memiliki karir yang mengesankan dan mengumpulkan kekayaan sekitar $ 300 juta dolar. Dia menjadi salah satu orang paling kuat di salah satu perusahaan dunia yang paling kuat.

(Afrilia / Diolah dari berbagai sumber)
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi II/ Desember 2013

 

Post a Comment

0 Comments