Righ Header

Pengguna Android Harus Tahu Apa Itu Bootloop


Meskipun android sudah ada sejak beberapa tahun lalu, akan tetapi disekitar kita ternyata masih ada yang belum mengerti apa yang dimaksud bootloop. Bagi pengguna smartphone, bootloop merupakan sebuah masalah yang biasa dialami oleh hampir sebagian besar pengguna gadget yang menggunakan sistem operasi Android baik itu tablet maupun smartphone. 

Definisi dari bootloop yaitu suatu keadaan dimana system android tidak dapat memunculkan/mengakses menu utama, sehingga pengguna tidak bisa mengoperasikan perangkat smartphone. Istilah bootloop lebih terkenal pada android, sedang pada smartphone yang ber-operating system blackberry lebih populer dengan istilah hank logo. 

JENIS BOOTLOOP
Ada tiga jenis bootloop pada android, yaitu : 
  • Bootloop ringan: ketika android dinyalakan, dapat masuk ke menu utama namun hang dan restart kembali. 
  • Bootloop sedang: ketika dinyalakan hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun masih bisa masuk menu recovery/CWM. 
  • Bootloop parah: ketika dinyalakan hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun tidak dapat meng akses menu recovery/CWM. 

PENYEBAB BOOTLOOP 

Setiap android memiliki ketahanan system yang berbeda, ada yang kuat dan ada pula yang rentan terhadap bootloop. Bootloop disebabkan karena kegagalan system, akibat setelah proses rooting kamu melakukan kesalahan. Kesalahan itu bisa bermacam macam, misalnya merubah font dengan aplikasi perubah font yang tidak cocok, merubah boot animations, merubah file system seperti system UI - Launcher - Framework - Edit Permission - Edit Build.prop dll. 

Berdasarkan pengalaman, kalau cuma rooting saja tidak menyebabkan bootloop, akan tetapi kegiatan (modifikasi system) setelah rooting itu banyak yang dapat menyebabkan bootloop. 

MENGATASI BOOTLOOP 

Untuk Mengatasi bootloop pada android, tergantung pada jenis bootloop yang dialami, ada beberapa cara, diantaranya: 

# Masuk ke recovery, wipe data, wipe cache 

Cara masuk recovery setiap android berbeda-beda, silakan googling berdasarkan brand dan tipe androidnya  

# Flash ulang 

Untuk flashing android, caranya bermacam-macam, tentunya harus mencocokkan dengan brand dan tipe androidnya. Untuk softwarenya anda bisa mengunduh dari situs-situs resmi maupun tidak resmi. Misal www.sammobile.com, www.needrom.com, www.lg-firmware-rom.com, www.xperiafirmware.com atau bisa juga mendapatkan link dari treadh kaskus. Ukuran file setiap software berbeda-beda, tergantung dari versi OS yang akan dipakai, mulai dari 500 MB - 1,5 GB. 

Agar tidak terjadi kegagalan dalam proses flashing, pastikan driver smartphone yang akan dieksekusi harus sudah terinstall. Jika masih bootloop, kemungkinan kerusakan ada pada hardware, seperti emmc. 

Post a Comment

0 Comments