Righ Header

Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Perkuliahan


Dalam kegiatan pembelajaran di kelas perkuliahan, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Baik berupa presentasi, game adukatif, e-learning, audio, video, animasi, dan sebagainya. Namun sayang, praktiknya masih sedikit yang memanfaatkan teknologi pembelajran dalam praktik pembelajaran di kelas. Banyak factor yang melatarbelaknginya, bisa berupa fasilitas pendukung, kenggenganan pendidik untuk membuat dan mempersiapkannya, atau bahkan minimnya kemampuan pendidik itu sendiri dalam penguasaan teknologi yang semakin canggih ini.

Berikut ini hasil wawancara terhadap dua mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yaitu Umi Haniatul Khanifah dan Prisdiana terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam praktik perkuliahan sehari-hari.

Pertanyaan 1: Apa yang anda ketahui tentang teknologi pembelajaran ?

Umi Haniatul K: Sepengetahuan saya teknologi pembelajaran adalah media yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mempermudah dalam penyampaian materi.

Prisdiana: Teknologi pembelajaran itu ya suatu teknologi yang membantu dalam proses pembelajaran.

Pertanyaan 2: Bagaimana menurut pandangan Anda praktik penggunaan TIK di dalam kelas oleh dosen? Gambarannya bagaimana ? dan software apa yang digunakan?

Umi Haniatul K: Sejauh yang saya lihat selama perkuliahan, secara umum dalam proses pembelajaran dosen menggunakan software power point sebagai media pembelajaran, dan menurut saya tampilan power point nya masih biasa aja, belum menarik. Dan kelemahan yang dialami dosen, ketika listrik mati terkadang beberapa dosen mempunyai masalah untuk menjelaskan materi yang di power point tersebut.

Prisdiana: Penggunaan ICT di dalam kelas oleh dosen biasa saja, paling menggunakan power point saja. Dan menurut saya tampilan power point masih standar, kalau bisa dosen menggunakan software lain dalam pembelajaran yang lebih menarik serta memuat aspek lain selain teks agar pembelajaran lebih menarik dan sesuai dengan mata kuliah.

Pertanyaan 3: Bagaimana pendapat Anda tentang penggunaan ICT dalam tugas belajar ?

Umi Haniatul K: Tentunya sering, terutama jika akan melakukan presentasi kita diberi tugas untuk membuat power point. Kemarin pada saat semester 3 ada mata kuliah teknologi pendidikan, mahasiswa diberi tugas untuk membuat media pembelajaran menggunakan Lectora, Flash, Swish max. Namun di perkuliahan kan tidak diajarkan secara detail software-software itu jadi untuk menguasainya mahasiswa perlu belajar di luar kelas kuliah untuk menguasai dan menambah ilmu.

Prisdiana: Ya tentunya sofware yang paling sering digunakan dalam tugas belajar adalah Ms. Word dan Power Point. Untuk mata kuliah Metopen ya menggunakan SPSS. Jadi sudah biasa bagi saya menggunakan ICT dalam penyelesaian tugas belajar.

Pertanyaan 4: Bagaimana tanggapan Anda sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga terhadap fasilitas TIK untuk pembelajaran di FITK ?

Umi Haniatul K: Menurut saya fasilitasnya cukup memadai dengan adanya LCD di tiap ruang kelas, namun beberapa dosesn yang tidak menggunakannya, jadi ya sia-sia saja. Selain itu adanya beberapa LCD yang rusak sehingga tidak maksimal dalam penggunaannya.

Prisdiana: Biasa saja, kalau ada fasilitas penunjang lain yang lebih dari LCD sebaiknya ditambahkan ke dalam kelas. Mungkin perlu inovasi teknologi pembelajaran yang lebih memadai.

Bagaimanapun teknologi sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan perkuliahan, oleh karena itu birokrasi dan para pemangku jabatan perlu segera memaksimalkan  penyediaan sarana-prasarana tersebut.

(Amrita)

Post a Comment

0 Comments