Righ Header

Lebih Dekat dengan Browser Opera Mini


Opera mini, browser ini terkenal sejak zaman handphone berbasis java. Saat ini, browser opera mini sudah dapat diunduh pada lintas platform, dari java, symbian, windows phone, android, blackberry dan ios

Opera mini merupakan pengembangan dari opera software ASA, yang dibuat pada tahun 1994 kemudian diluncurkan pada tahun berikutnya yaitu tahun 2015. Pada perangkat komputer, browser opera kurang diminati, akan tetapi pada perangkat mobile dan smartphone, opera mini mempunyai lebih banyak peminat.

Pada beberapa handphone java, browser opera mini ini ada yang dijadikan sebagai browser utama. Hal ini juga diikuti beberapa android lokal, browser ini juga sudah ada pada saat paket pembelian. Jadi setelah buka kardus opera mini sudah muncul pada daftar aplikasi.
Kenapa browser ini banyak dipakai oleh beberapa platform? Tentunya ada yang lebih pada browser opera mini.

KELEBIHAN OPERA MINI
Apa kelebihan browser opera mini? Tentunya untuk menjawab pertanyaan ini anda harus menggunakannya terlebih dahulu. Sebelum anda mengunduh, pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkannya berdasarkan pengalaman pada browser opera mini ini.

1. Cepat 
Browser ini cepat dalam memuat halaman website. Dari beberapa browser yang pernah dicoba, opera mini memberikan kepuasan yang lebih. Meskipun dalam kondisi jaringan yang kurang memadai sekalipun, opera mini dapat menampilkan laman yang dimuat.

2. Mudah digunakan 
Tampilan browser opera mini sangat simpel, sehingga mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

3. Kontrol Facebook
Pada opera mini terbaru, pengguna bisa membaca pemberitahuan facebook pada saat layar tekunci. 


4. Hemat Kuota Data Berdasarkan pengalaman, pada browser opera mini tidak bisa memuat konten yang terdapat flash player, sehingga kouta data yang dipakai untuk memuat laman bisa hemat. Ujung-ujungnya dalam memuat laman menjadi cepat.

5. Night mode
Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang aktif pada malam hari maupun dalam kondisi gelap, sehingga kecerahan layar tidak mengganggu mata.

6. Prifacy mode
Pada saat pengguna ingin merahasiakan informasi laman maupun akun yang dipakai, pengguna bisa menggunakan mode ini.

7. Aplikasi yang ringan
Dibandingkan dengan browser lain, opera mini mempunyai ukuran aplikasi yang kecil yakni dibawah 5 MB, sehinggga menginstallnya selesai dengan cepat juga.

8. Multi Platform
Jika anda punya dua atau lebih perangkat smartphone maupun tablet yang berbeda operating system, anda masih bisa menggunakannya, karena opera mini browser bisa diunduh untuk berbagai operating system.

9.Multi tab
Pada browser ini, pengguna bisa membuka banyak halaman pada saat bersamaan.

10. Download Manager
Fitur download manager pada opera mini diklaim lebih cepat dari browser bawaan. 


KEKURANGAN BROWSER OPERA MINI

Hasil karya manusia tidak ada yang sempurna. Sama haknya dengan browser opera mini ini yang buatan manusia juga, sehingga masih memiliki kekurangan. Jika anda sebagai pengguna aktif yang suka membuka puluhan halaman dalam satu waktu, hal itu akan terasa berat. Karena semakin banyak halaman, semakin banyak pula RAM yang terpakai.

Pada beberapa kesempatan, halaman yang diakses kadang menjadi tidak rapi, hal ini disebabkan dari template yang dipakai pada halaman yang diakses. Dari sesgi keamanan, lalu lintas data terekam pada server opera.



Sumber: Foto Google Play Store dan Wikipedia

Post a Comment

0 Comments