Righ Header

Kemewahan Teknologi yang Membelenggu

Bagaimana jika di dunia ini tidak ada listrik, telepon, internet dan komputer. Bagaimana jika orang tua harus mendatangi anaknya yang kuliah di luar negeri hanya untuk menanyakan kabar, karena tidak adanya alat bantu seperti telepon dan internet tadi. Apa jadinya hidup kita tanpa teknologi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin terdengar sedikit berlebihan, namun tidak ada salahnya jika kita renungkan dengan seksama pertanyaan diatas. Apa yang pertama kali muncul di benak anda ketika harus membuat secangkir kopi tanpa adanya bantuan dari teknologi. Hidup akan berubah drastis jika di dunia ini tidak ada satu benda yang bernama teknologi. Oleh karena itu mau tidak mau, ikhlas tidak ikhlas kita wajib mengakui bahwa teknologi memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan umat manusia.

Teknologi bukanlah hal yang baru bagi manusia, sebenarnya teknologi sudah ada sejak zaman dulu, jauh sebelum Thomas Alfa Edison menemukan lampu, jauh sebelum James Watt memperkenalkan mesin uap. Teknologi berawal pada zaman pra sejarah dan manusia purba lah yang pertama kali mengenalkan dan menggunakan prinsip dari teknologi. Pada awalanya mereka menggunakan teknologi untuk berkomunikasi lewat tulisan-tulisan dan gambar yang terdapat pada dinding-dinding goa lalu beranjak ke penggunaan serat pohon yang digunakan sebagai alas tulisan. Kemudian barulah mereka menciptakan alat-alat seperti alat-alat untuk berburu, peralatan makan, alat musik seperti gendang, terompet dan lain-lain. Sampai pada abad ke 14 hingga sekarang terus bermunculan penemuan-penemuan baru di berbagai bidang, itu semua terjadi seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan akal manusia yang selalu menemukan penemuan-penemuan baru sehingga menghasilkan inovasi yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi.

Pada zaman yang serba instan dan digital ini teknologi sudah diibaratkan sebagai oksigen bagi manusia. Mereka tidak akan bisa bertahan hidup tanpanya. Mendampingi kehidupan manusia layaknya sebuah bayangan yang tak terpisahkan, seperti itulah teknologi. Manusia mana yang setiap harinya tidak menjamah satu benda pun yang telah tersentuh teknologi. Seorang bayi yang baru lahir langsung bisa merasakan manfaat dari teknologi lewat proses persalinan ibunya, anak-anak bisa menjangkau sekolahnya yang jauh berkat bis sekolah, para remaja yang bisa bertatap muka dengan seseorang mereka sayangi di belahan bumi yang berbeda dengan video chating. Orang tua tidak perlu khawatir terhadap kabar anaknya kuliah di luar negeri. Bahkan orang-orang yang lanjut usia pun masih bisa menikmati manfaat dari teknologi dengan berbagai macam alat yang menopang kesehatannya. Itu semua hanya contoh kecil dari manfaat teknologi yang bisa dirasakan manusia secara langsung.

Terdapat beberapa peristiwa dimana manusia mencoba mengasingkan diri atau menghindar dari teknologi modern. Di Inggris ada sebuah keluarga yang pernah mencoba hal tersebut. Adalah Robert Crampton, pria kelahiran tahun 1964 bersama istri dan dua orang anaknya pernah melakukan percobaan yang tidak biasa yakni menjalani hidup gaya hidup 80-an selama satu minggu tanpa adanya teknologi modern apapun. Tanpa telepon genggam, laptop, internet dan lainnya. Namun mereka tidak menghindari teknologi sepenuhnya, yang mereka hindari hanyalah teknologi modern saja. Ia mengaku kesulitan dalam menjalani aktifitas selama masa percobaan tersebut. Namun ada juga yang sampai sekarang masih bertahan menjalani gaya hidup era 80-an yakni satu keluarga di Kanada, mereka adalah Blair McMillan beserta keluarganya. Itu pun anak mereka akhirnya menyerah dan kembali menggunakan teknologi modern seperti biasa. Peristiwa di atas cukup memberi gambaran kepada kita bahwa tidaklah mudah menjalani hidup tanpa memanfaatkan teknologi yang ada.

Jelaslah bahwa teknologi sangat bermanfaat bagi hidup manusia, ia membawa banyak kelebihan yang memudahkan urusan manusia dalam segala aspek kehidupan. Namun demikian teknologi tidak selamanya akan berdampak positif bagi penggunanya, adakalanya justru menimbulkan efek negatif jika disalahgunakan atau digunakan bukan pada tempatnya. Oleh karena itu bijak dan cerdas dalam menggunakan teknologi adalah modal pokok agar teknologi yang kita manfaatkan dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi kehidupan kita dan orang-orang di sekitarnya.

(Ahmad Zacky Al-Jufry)
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi II/ Desember/ 2013 


Post a Comment

0 Comments