Righ Header

Hati-Hati Terhadap Bahaya Cyber Crime


Perkembangan komputer dan teknologi digital beserta perangkat pendukungnya semakin hari semakin menunjukan kecepatan dan perubahan signifikan. Hal ini tentunya sangat membantu bagi kehidupan manusia, namun di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi tentang resiko kejahatan melalui teknologi digital (cyber crime) juga semakin besar. Oleh karena itu, pengguna mobile, smartphone, komputer, dan internet harus selalu waspada dengan ancaman cyber.

Untuk membantu pengguna terhindar dari kejahatan cyber, berikut ini sejumlah tips untuk melindungi data dan informasi penting yang tersimpan di komputer, tablet, atau smartphone lainnya:
  1. Lindungi data. Pastikan komputer ataupun tablet anda terinstal rangkaian perlindungan yang komprehensif, yang memberikan perlindungan yang kuat terhadap ancaman dunia online.
  2. Perlakukan perangkat mobile seperti komputer mini. Perangkat mobile adalah sasaran empuk bagi para pejahat cyber. Oleh karena itu, pastikan perangkat mobile anda menggunakan password, dan lakukan tindakan preventif untuk memastikan perangkat anda aman dari pencurian, kehilangan dan kejahatan cyber.
  3. Gunakan password yang kuat. Pastikan anda menggunakan password yang kuat/ umit misalnya dengan mengkombinasikan huruf kecil, kapital, angka, maupun symbol dan ganti password anda secara berkala. Hal kecil seperti ini tentunya dapat meminimalisir resiko terkena kejahatan cyber.
  4. Lakukan transaksi penting melalui jaringan yang aman. Jaringan tidak berbayar ataupun jaringan wifi adalah jaringan yang tidak aman dan sangat mudah diretas. Jaringan yang tidak aman memudahkan pencuri untuk melihat kegiatan-kegiatan anda secara diam-diam. Hindarilah transaksi penting seperti perbankan, belanja, dan transfer dokumen rahasia saat terhubung dengan jaringan ini, gunakan klien vpn personal.
  5. Lakukan pengecekan ulang setelah terkoneksi. Cek statement pada kartu kredit atau bank secara teratur. Apabila terdapat transaksi-transaksi mencurigakan segera laporkan pada provider atau pihak berwajib.
  6. Amankan jejaring sosial. Saat ini, di jejaring social banyak sekali muncul tautan-tautan. Judulnya pun sangat sensasional dan aktraktif sehingga mengundang pengguna untuk mengakses itu. Hati-hati, jangan asal mengeklik tautan yang kurang dipercaya itu. Tautan yang tidak dipercaya tersebut biasanya berisi spam. Jadi sekali anda mengakses tautan tersebut, maka seluruh informasi yang ada akan terbaca oleh spam, dan semua data anda bisa bocor tentunya.
  7. Gunakan akses internet secara sehat dan bijaksanaSatu kunci utama keselamatan adalah pada pola pikir atau mind set anda dalam menggunakan perangkat teknologi secara sehat dan bijaksana. Kebiasaan asal akses situs dan mengoleksi jumlah akun tertentu seperti media social hanya akan menjadikan data anda mudah tersebar dan diketahui banyak orang. Resikonya orang akan mudah menemukan anda, termasuk jika berniat jahat. 
 
Muhammad Tria
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi II/ Desember 2013

Post a Comment

0 Comments