Righ Header

Folder Lock: Pengaman dan Perisai Data

Folder Lock
Tentu saja siapapun orangnya tidak ingin datanya di rusak atau dibuka sembarangan oleh orang lain karena folder atau file tersebut privasi seseorang, terlebih lagi menyangkut data yang sangat penting dan takut terhilang atau kena virus. Untuk menghindari dari data kita yang dibuka oleh orang lain atau dirusak bahkan terhapus secara tidak sengaja, telah dilakukan dengan berbagai cara, bukan???

Itu merupakan hal yang wajar yang dilakukan seseorang dalam hal pengamanan data atau pun folder atau file yang sangat privasi atau sangat penting. Maka dari itu untuk mencegah ataupun usaha preventif untuk mengindari itu, ada banyak software yang khusus menangani masalah keamanan data dengan password yang ditentukan sendiri. Software pengaman data pun terbilang banyak dan berbeda-beda dan dengan berbagai fitur yang bervariasi dan menarik untuk digunakan dan ditambah kemudahan-kemudahan dalam penggunaannya.

Dalam hal ini, yang akan sedikit dikupas yaitu tentang software folder lock. Dari sekian banyak software pengaman data, salah satunnya software folder lock. Nah, folder lock merupakan perangkat lunak yang menawarkan keamanan data berupa folder, file maupun drive USB lengkap dengan perisai passwordnya, sehingga dat ita yang berisi berbagai hal dan berupa file-file penting tidak bisa dibuka, dibobol ataupun dirusak orang lain.

Untuk tingkat keamanan data dengan software ini terbilang lebih baik dari software pengaman lainnya. Dengan fitur tambahan yang lebih bagus dan bisa digunakan untuk OS windows NT sampai windows 7 baik 2 bit maupun 64 bit, dan kompatibel dengan Hard disk dengan file system EFS, FAT32 ataupun NTFS. Dan direkomendasikan untuk PC minimum pentium II dengan RAM 32 MB.

Dengan software pengaman data baik folder, file maupun drive USB dapat terjaga dengan pertahanan yang baik dan tidak terbobol. Apalagi untuk membukanya memakai password yang diisi sendiri oleh penggunanya dan digunakan secara manual. Apalagi banyak fitur yang ditawarkan oleh software ini dari pada lainnya misalnya terdapat satu teknik penguncian atau simple lock atau encrypt file saja.

Dalam proses penginstallan ternilang cukup mudah, karena hampir sama dengan software yang lainnya dan tentu aja ada tutorialnya yang banyak disediakan diinternet. Akan tetapi dalam proses uninstallnya harus masuk dengan password yang benar, bila terjadi kesalahan selama tiga kali, file bisa dibuka lagi setelah direstar atau di shutdown terlebih dahulu. Pada dasarnya software ini sangat kuat dan lebih bagus ketimbang sofware lainnya. Dan bisa dicoba oleh pembaca dan bisa diterapkan dalam penggunaannya.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh software ini, tetapi belum dapat disebutkan semua karena biar pembaca lebih penasaran dan segera mencoba:

1. Penguncian PC secara otomatis

2. Menyediakan model skin dengan 4 warna, yaitu purple sparkle, turtle green, crimson red, dan ocean blue

3. Sofware security yang mampu melindungi dan menyembunyikan data dengan teknik pengaman yang sulit dibongkar

4. Menyediakan master key, bila seorang pengguna lupa passwordnya

5. Dalam pembuatan password tersedia spesial characters dan spasi, sehingga tidak dapat di-hack.

Itu sedikit fitur yang tersedia yang dapat disebutkan, dan jelas masih banyak yang belum bisa disebutkan karena banyak fitur yang ada. Dalam penggunaannya juga tergantung si pengguna tersebut dan dapat memngamankan datanya semaksimal mungkin. Tentu saja, tidak semua software terlahir dengan perfect, tetapi masih perlu adanya perbaikan-perbaikan kedepan, dan untuk saat ini software ini belum ada saingannya dengan yang lain dan terbilang lebih bagus dari pada yang lainnya.

Untuk pembaca, pintar-pintarlah dalam menggunakan software apapun dan lebih bijaksana dalam penggunaannya. Ini hanya sedikit refenrensi buat pembaca yang nantinya dapat menambah wawasan anda dan tentang info teknologi lainnya.

Semoga bermanfaat dan berkah

Oke, selamat mencoba dan membongkar-bongkar PC anda hehe 
(Arfan Sodik)




Post a Comment

0 Comments