Righ Header

Eclipse; Software Multi Platform Untuk Pembuatan Aplikasi Android


Salah satu indikator kemajuan jaman adalah tumbuh suburnya produk teknologi canggih yang saling bersaing untuk merubah tatanan kehidupan. Teknologi canggih abad dua puluh satu telah menampakkan wajah perubahan yang begitu drastis. Pengembangan hardware dan software bermunculan seiring kebiasaan dan ketergantungan pengguna dalam berbagai kebutuhan dan kepentingan.
Perangkat komputer mini dan perangkat komunikasi yang sering disebut Gadget seperti smartphone dan tablet adalah satu atau dua hal yang mengindikasikan kemajuan teknologi abad ini. Perangkat seperti ini memiliki spesifikasi khusus agar saling support antara hardware dengan softwarenya. Salah satu software yang mudah dipelajari untuk mengembangkan konten smartphone adalah Eclipse. Eclipse merupakan software multiplatform yang bisa dikembangkan untuk berbagai macam OS, termasuk Android, salah satu OS yang digandrungi para maniak gadget.
Eclipse awalnya dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visual Age for Java 4.0. Produk ini diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001, yang menginvestasikan sebanyak US$ 40 juta untuk pengembangannya. Semenjak itu konsursium Eclipse Foundation mengambil alih untuk pengembangan Eclipse lebih lanjut serta pengaturan organisasinya.
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang direkomendasikan oleh Google untuk pengerjaan aplikasi android dan untuk mengembangkan perangkat lunak yang dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Penggunaan Eclipse sebenarnya bersifat optional, artinya bisa digunakan atau pun tidak. Karena Eclipse bisa digantikan oleh editor lainnya. Namun Eclipse lebih memudahkan kita dalam hal pembuatan program Android, dikarenakan Eclipse masih berbasis teks sehingga memudahkan dalam penyusunan bahasa program. Artinya bahasa pemrograman dilakukan dengan menulis source code terus menerus bukan dengan cara drag and drop. Langkah ini akan membantu pengguna dalam memahami setiap baris kode yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi Android. 
Berikut ini adalah karakteristik dari Eclipse: 
  • Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
  • Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya. 
  • Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, tes perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.
Eclipse bisa di download di situs resminya. Eclipse yang bisa digunakan adalah Eclipse yang mendukung pengembangan pemrograman berbasis Java. Versi yang direkomendasikan adalah Eclipse versi 3.5 Galileo atau versi 3.4 Ganymade. Hal ini karena terdapat sedikit masalah dengan Eclipse 3.6 Helios, walaupun ada beberapa pengembang yang pernah mencoba menggunakan Helios dan dapat berjalan dengan baik untuk Android.
Konsep Eclipse adalah IDE yang terbuka (open), mudah diperluas (extensible) untuk apa saja, dan tidak untuk sesuatu yang spesifik. Jadi, Eclipse tidak saja untuk mengembangkan program Java, akan tetapi dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, cukup dengan menginstal plug-in yang dibutuhkan. Apabila ingin mengembangkan program C/C++ terdapat plug-in CDT (C/C++ Development Tools). Selain itu, pengembangan secara visual bukan hal yang tidak mungkin oleh Eclipse, plug-in UML2 tersedia untuk membuat diagram UML. Dengan menggunakan PDE setiap orang bisa membuat plug-in sesuai dengan keinginannya.
Software Eclipse bukan hanya mengembangkan program java saja, tetapi juga untuk berbagai keperluan. Dengan software ini bisa merubah tampilan lebih keren, segar, indah dan mantap serta mengadopsi gaya visual yang modern. Aplikasi android ini dapat digunakan oleh penggunanya sesuai kreasi sendiri dan kreatifitas masing-masing orang dalam pemanfaatannya semaksimal dan sekreatif mungkin.

Arfan Sodik
Edisi Cetak: Buletin Lamperan Edisi IV/ Desember 2014

Post a Comment

1 Comments

  1. saya sangat tertarik dengan tulisan anda, saya juga mempunyai tulisan sejenis
    yang mungkin anda juga tertarik, anda bisa mengunjunginya di klik disini terima kasih.

    ReplyDelete

Kami sangat antusias terhadap ide dan gagasan anda, sila berikan tanggapan!