Righ Header

Apa yang Unik dari Microsoft PowerPoint 2013 untuk Media Pembelajaran?

Media Pembelajaran Unik
Persentasi? Media pembelajaran?

Mendengar kata–kata tersebut pastinya orientasi kita langsung pada satu software dari perusahaan Microsoft Windows-nya Bill Gates yaitu PowerPoint. PowerPoint menjadi alat persentasi atau media pembelajaran yang banyak sekali dipakai.

Akan tetapi sangat disayangkan, minimnya pemahaman guru terhadap fitur canggih dalam PowerPoint ini justru seringkali menyebabkan guru yang sudah menggunakan presentasi pembelajaran dalam kelasnya hanya sebatas menggunakan slide-slide sekedarnya. Bukan slide pembelajaran interaktif yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, tetapi hanya berupa slide powerpoint yang justru menyakitkan mata dan mental siswa yang harus melihat slide demi slide “tak bernyawa” di layar.

PowerPoint bisa menjadi salah satu media pembelajaran yang interaktif. Tetapi kenyataannya sebagian besar fakta di lapangan guru memakai PowerPoint hanya untuk menampilkan tulisan-tulisan yang menjemukan mata para siswa. Padahal PowerPoint bisa memberikan lebih dari hanya sekedar menampilkan tulisan-tulisan “tak bernyawa”. Materi bisa disampaikan dengan slide yang menarik, gambar, bahkan dengan video yang dirasa merepresentasikan pembelajaran. Nah, berbarengan dengan launching windows 8 Pak Bill Gates mengeluarkan produk terbaru yaitu PowerPoint 2013 yang terintegrasi satu paket dengan produk lainnya di Microsoft Office 2013. Dalam PowerPoint 2013 ini banyak sekali fiture yang bisa memudahkan seorang guru untuk membuat persentasi yang menarik, diantaranya:

Pilihan tampilan slide banyak dan variatif

Pada halaman awal, kita disuguhi pilihan tampilan yang variatif dan sangat banyak sekali. Temanya pun bisa dipilih misalnya tentang pendidikan, bisnis, administrasi, industry, games dll.





Terintegrasi dengan Internet

Ini yang bisa membuat bapak ibu guru semakin dimanjakan. Karena PPT 2013 ini bisa langsung terintegrasi dengan internet. Misalnya sewatu kita memilih slide di halaman awal, memasukkan gambar dan video, bahkan persentasinya bisa langsung dishare di internet.



Ada Presented view yang pastinya sangat membantu guru.

Nah bapak ibu guru atau siapa saja yang sering memakai PowerPoint untuk persentasi ini nih di PowerPoint 2013 ada yang namanya Presented View. Ketika saudara-saudari sedang presentasi klik kanan di slide lalu pilih presented view. Fiture di dalamnya sangat useable banget deh pokoknya, misalnya ada fiture pen untuk menandai, atau fiture zoom untuk membesarkan bagian tertentu saat persentasi,dll.


Tambahan fiture yang bisa bapak ibu guru manfaatkan untuk mengelola media pembelajaran interaktif lainnya adalah pada menu transisi dan merge shapes.

Pada menu transisi bapak ibu guru bisa memanfaatkan tambahan transisi antar slide yang pastinya akan menambah ketertarikan dan kekerenan bapak ibu guru deh hehe..tambahannya pada.


Ini yang terakhir fiture merge shapes yang bisa menggabungkan beberapa benda menjadi bentuk yang beraneka ragam, misalnya.


Nah bagaimana bapak ibu atau para presentator apakah anda siap menjadi pendidik atau presentator yang handal? Jadi, silahkan diotak-atik power pointnya barangkali masih ada fiture yang tersembunyi dan siapkan presentasi terbaik anda untuk membantu hidup anda dan orang yang membutuhkan,anak didik anda misalnya. Semoga bermanfaat..
(Muhammad Amirrudin)

Post a Comment

0 Comments