Righ Header

Acronis True Image: Software Kloning Hardisk

Software Kloning Hardisk 

Mungkin tidak asing lagi bagi kita dengan kata kloning. Ya kata “cloning” sudah dipelajari ketika dibangku sekolah, lebih tepatnya pelajaran sains. Akan tetapi, kita tidak akan membahas tentang sains, kita akan membahas tentang kloning dalam dunia komputer. 

Mari mulai dari awal, Kloning hardisk adalah proses untuk mengcopy seluruh isi hardisk atau lebih tepatnya membuat duplikasi dari hardisk yang satu ke hardisk yang lain. Untuk mengkloning hardisk kita bisa membuatnya secara langsung (disk to disk) atau dibuat kedalam sebuah image file terlebih dahulu. Misalnya harddisk A sudah berisi program lengkap, dan harddisk B masih kosong atau dengan kata lain belum terisi program sama sekali. 

Dengan melakukan kloning dari harddisk A ke harddisk B, maka harddisk B akan mendapatkan isi dan tampilan sama persis seperti isi dan tampilan pada harddisk A. Sebuah disk image adalah representasi yang tepat dari seluruh hardisk atau partisi dari hardisk. Image file umumnya berisi data terkompresi dan hanya berisi bagian-bagian dari disk yang sedang digunakan oleh sistem file.
Kegunaan dari mengkloning hardisk ini diantaranya adalah membuat sebuah backup sistem komputer secara keseluruhan, sehingga apabila hardisk yang sekarang crash dan tidak bisa digunakan lagi, kita tinggal mengganti hardisk tersebut dengan hardisk duplikat hasil kloning tanpa perlu menginstall ulang sistem operasi, software aplikasi dan melakukan settingan-settingan yang lainnya. Akan tetapi, dalam pengkloningan ini tipe hardisk harus sama dan support satu sama lain.

Software ini sangat cocok buat pemilik PC lebih dari satau atau dalam jumlah banyak seperti teknisi komputer, warnet, laboratorium TIK dan lain sebagainya. Karena dengan menggunakan software ini, akan menghemat waktu dan tidak terlalu banyak menguras tenaga karena ketika sudah menginstall program-program dalam satu hardisk dapat di kloning ke hardisk yang lain. Coba bayangkan ketika anda menginstall komputer dalam jumlah banyak tetapi waktunya hanya sedikit dan masih banyak kerjaan, misalnya satu komputer memerlukan waktu 1 jam, dan komputernya 15, berapa waktu yang diperlukan? tentunya waktu yang diperlukan tidak sedikit dan kurang efisien. Nah, ketika memakai software ini, kita dapat menginstall 1 komputer dengan waktu misalnya 1 jam, dan selanjutnya bisa di kloning ke hardisk lainnya sekitar 15 menit, berarti kalkulasi waktu jelas lebih cepat dengan kloning kan? Pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan efisien dan bisa dikloningkan ke hardisk yang lainnya dan waktu yag diperlukan tidak terlalu lama dan data dapat di backup dan tersimpan dengan baik.

Dengan melakukan kloning disk anda tidak susah payah untuk menginstall satu persatu, namun anda dapat melakukan dengan mudah dan lebih efisien serta energi yang digunakan tidak terlalu banyak. Yang merasa bekerja di warnet atau instansi tertentu dengan PC yang jumlahnya banyak dapat segera mencoba software ini dan pokoknya sangat dianjurkan.
 

Dalam pengklonian juga harus diperhatikan hardisk A dan hardisk B, ketika dalam memilih mana yang akan djadikan induk kloning disk dan penerima kloning disk jangan sampai salah dan lebih teliti dan jangan tergesa-gesa, agar tidak rusak program-program yang sudah terinstal.

Beberapa kegunaan Acronis True Image:

  1. Dapat membuat disk image dari partisi atau hardisk
  2. Didukung oleh Acronis AnyData Engine – serangkaian teknologi perlindungan data tercanggih yang memotret, menyimpan, memulihkan, mengontrol, dan mengakses data apa pun dari mana saja – Acronis True Image menyajikan fitur teknologi image yang memastikan pengguna tidak akan pernah kehilangan data dengan cara melindungi segalanya serta memulihkan data yang dibutuhkan saja, dari hanya satu file hingga keseluruhan komputer
  3. Backup data (created image) dan restore image
  4. Mengkloning atau penduplikat isi hardisk secara cepat

Tentu saja masih banyak kegunaan software ini, dan masih perlu digali lebih dalam dan perlu adanya percobaan-percobaan lebih lanjut.

Post a Comment

0 Comments