Righ Header

Semangat mahasiswa terhadap Lectora Inspire

Tidak terasa pelatihan Lectora Inspire tahap 1, 2 dan 3 telah usai. Pastinya banyak pengalaman yang di dapat oleh mahasiswa selama mengiktui kegiatan tersebut. Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan buat media pembelajaran interaktif yang T.O.P-B.G.T.?

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit bercerita tentang perjalanan pelatihan Lectora Inspire, program andalan Laboratorium Multimedia Pembelajaran tahun 2013, untuk mencetak generasi pendidikan profesional masa depan yang tangguh dan cakap dalam penggunaan teknologi.


Apa yang bisa kita dapat dari pelatihan Lectora Inspire?

Tentu banyak sekali. Mulai dari awal mahasiswa akan di install ulang pengetahuan dan pemahamannya tentang apa itu multimedia Pembelajaran Interaktif, serta aspek-aspek apa saja yang harus dipenuhi untuk sebuah media pembelajaran yang bisa disebut sebagai media pembalajran interaktif. Tahap berikutnya mahasiswa akan diajarkan untuk mengoperasikan software authoring tool Lectora Inspire dari langkah yang paling awal, karena pada umumnya mahasiswa belum akarab degan program ini. Selanjutnya mahasiswa akan diajarkan bagaimana merancang desain multimedia pembelajaran interaktif berbasis ICT yang handal, mulai dari merancang story board materi pembelajaran, merancang template, membuat teks pembelajaran, menambahkan gambar, menambahkan animasi, menambahkan audio, menambahkan video, membuat tombol navigasi dan membuat instrument evaluasi pembelajran. Bahkan diberikan pula materi bagaimana untuk membuat game edukatif yang dapat diberikan kepda siswa sebagai akternatif pembelajaran berbasis ICT.

Pelatihan Lectora Inspire tahap 1 dibuka untuk mahasiswa angkatan 2011 meskipun demikian ada juga mahasiswa 2010 yang mengikuti pelatihan ini. Sedangkan pelatihan pada tahap 2, 3 dan 4 diprioritaskan untuk mahasiswa 2012. Peserta juga berasal dari semua jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tercinta yaitu mahasiswa jurusan PAI, MPI, PBA dan PGMI.

Selain pelatihan yang diselenggarakan di Laboratorium, tim Laboratorium Multimedia Pembelajaran telah melebarkan sayap dengan mengadakan kerjasama untuk pelatihan Lectora Inspire serupa di berbagai lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Pesertanya juga berasal dari berbagai macam kalangan seperti guru, dosen, siswa sekolah dan mahasiswa non UIN Sunan Kalijaga.

Apa kelebihan Laboratorium Multimedia Pembelajaran?

Dalam menyelenggarakan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi ini, Laboratorium Multimedia Pembelajaaran telah ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup mumpuni. Sebut saja para tentor dan trainernya yang telah berpengalaman mengisi training-training di berbagai lembaga. Selain itu peserta juga didampingi oleh asisten yang siap membantu apabila peserta mengalami kesulitan.

Dari segi sarana fisik, Laboratorium telah memiliki dari 16 unit komputer peserta, 2 unit komputer panitia dan 1 unit komputer tentor. Semuanya telah diupgrade untuk menyesuaikan kebutuhan pelatihan. Jumlah ini memang sedikit, karena dimaksudkan untuk efektifitas pelatihan. Dengan jumlah peserta yang sedikit diharapkan pelatihan akan lebih kondusif dan maksimal, sehingga proses pembelajaran dan pendampingan dapat dilakukan lebih dekat demi maksimalnya penyerapan dan pemahaman peserta terhadap materi pembelajaran.

Selain itu peserta juga dimanjakan dengan adanya software dan ebook belajar Lectora Insipre secara gratis. Hanya saja kami belum bisa menambah kenyamanan peserta pelatihan dengan fasilitas AC. Tetapi peserta tidak usah khawatir, Laboratorium telah dilengkapi dengan 5 buah kipas angin berukuran besar yang siap memberikan hembusan angin yang lembut dan kencang yang mendinginkan suasana jogja yang kian memanas ini.

Bagi mahasiswa yang pengen dan belum ikut pelatihan Lectora Inspire santai saja masih ada pelatihan tahap 4 yang akan dilaksanakan bulan November sampai Desember 2013. Selain itu dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan juga pelatihan untuk program SPSS, Desain grafis, dan Adobe Flash. Segera hubungi staf kami untuk mendapat informasinya.

Laboratorium Multimedia Pembelajaran selalu berusaha untuk memberikan ruang pembelajaran yang kondusif untuk keberlangsungan pengetahuan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang sepaham dengan kami, yaitu bersama-sama membangun generasi anti gaptek.

Basmi virus gaptek, segera, bersama kami.

(fadh.red)

Post a Comment

0 Comments