Righ Header

Bagaimana Cara Menjalankan Android di PC

Android adalah system operasi yang dikembangkan oleh google, berbasis linux dan dapat digunakan untuk ponsel maupun tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para developer sehingga dapat membuat aplikasinya sendiri yang dapat dijalankan pada smartphone. Dan pada dewasa ini ternyata aplikasi android dapat dijalankan di PC, laptop, maupun netbook. Sehingga bagi kita yang sedang belajar membuat aplikasi android dapat langsung menjajal aplikasi android di PC. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan emulator android.

Emulator android untuk PC adalah sebuah software untuk menjalankan applikasi android di PC atau komputer pribadi bukan di perangkat tablet pada umumnya. Dengan software ini aplikasi android bisa dengan sempurna berjalan di computer kita. Salah satu software emulator android di PC ini adalah BlueStack, software ini masih dalam tahap beta, tetapi melihat kemampuannya dalam menjalankan applikasi android pada pc sudah sangat lumayan. 

Dengan emulator android untuk PC ini besarnya resolusi menyesuaikan dengan layar monitor kita sehingga akan berjalan secara fullscreen sehingga kita bisa menikmati aplikasi android layaknya di tablet yang sebenarnya, hanya bedanya mungkin dengan layar yang lebih lebar. Ketika aplikasi berjalan dibawah layar ada icon tombol mirip pada tablet  pada umumnya, kita bisa merubah tampilan layar (merotasi), me-zoom, menu, close, dll. setelah diinstal di PC, bluestack akan menjadi shortcut berupa gadget yang tampil di sidebar windows (win 7), aplikasi bawaan akan muncul ketika kita klik logo bluestack yang berupa icon robot android yang berdiri di atas bendera logo windows. 

Aplikasi bawaan sementara ada 8 aplikasi, tetapi ini masih bisa kita tambahkan dengan masuk di 'Get More Apps' yang nanti akan diredirect ke websitenya software ini tidak bisa dikatakan kecil dari ukurannya yang mencapai 119 Mb tetapi dengan kemampuannya menjalankan applikasi android untuk pc yang cukup sempurna, software ini layak untuk dimiliki, terutama mungkin untuk temen-temen yang belajar membuat aplikasi android atau apk untuk sekedar menjajal aplikasi buatannya karena dalam websitenya kita juga bisa meng upload applikasi buatan kita sendiri.

Post a Comment

0 Comments